Stand Pameran Kemdikbud Meriahkan Kongres Diaspora Indonesia II

oleh -1 views
kemdikbud.go.id
Arrief Ramdhani
kemdikbud.go.id
kemdikbud.go.id

TRADISI mudik telah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat Indonesia setiap peringatan lebaran. Tradisi ini tidak hanya dilakukan setiap tahun oleh masyarakat di pulau Jawa saja, namun juga di seluruh Indonesia atau bahkan bagi mereka yang bermukim di luar negeri.

Karenanya masih dalam suasana lebaran dan juga perayaan Kemerdekaan Indonesia, “Pulang Kampung” menjadi tema Kongres Diaspora Indonesia (KDI) II yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, 18-21 Agustus 2013.

Diaspora dalam arti sempit adalah perantau yaitu orang yang meninggalkan tanah kelahirannya untuk pergi ke daerah atau ke negara lain untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Inisiatif berbagai pihak telah membuahkan kesuksesan penyelenggaraan KDI I di Los Angeles, California, Amerika Serikat, 6-8 Juni 2012. KDI I ini bertujuan untuk mendorong terjalinnya kebersamaan diantara Diaspora Indonesia dan membangun kekuatan untuk Indonesia yang lebih baik.

Pada KDI II “Pulang Kampung” kali ini terkesan lebih bermakna karena tidak hanya melepas rindu dengan kampung halaman, tetapi juga ajang berinteraksi dengan keluarga besar Diaspora dari seluruh belahan dunia. Tujuan lebih luasnya yaitu diharapkan Kongres dapat melahirkan inisiatif kongkret untuk memberdayakan masyarakat Indonesia di seluruh penjuru dunia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bersama kementerian/lembaga negara lainnya serta sektor swasta dan masyarakat turut serta memeriahkan KDI II ini dalam pameran bersama mengiringi rangkaian kegiatan Kongres.

Pada stand Kemdikbud, pengunjung disuguhkan berbagai informasi pendidikan mulai dari jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan tinggi, maupun pendidikan nonformal dan informal. Tidak ketinggalan, para petugas dengan sangat ramah senantiasa melayani setiap pertanyaan pengunjung yang beranekaragam. Kebanyakan bertanya tentang informasi beasiswa dalam dan luar negeri, rumah budaya, Uji Kemampuan Berbahasa Indonesia (UKBI), bahkan ada juga yang tertarik menjadi duta budaya Indonesia di negara tempatnya tinggal.

Sangat disayangkan untuk melewatkan rangkaian Kongres ini. Selain dapat bersilaturahmi dengan saudara sebangsa setanah air, tapi juga dapat turut serta berbagi pemikiran untuk Indonesia yang lebih baik. Selamat berkunjung.(kemdikbud.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.