Songsong MEA 2015, Mahasiswa UPI Kembangkan Bisnis Ekonomi Kreatif

oleh -7 views
Songsong MEA 2015, Mahasiswa UPI Kembangkan Bisnis Ekonomi Kreatif
Arrief Ramdhani
Songsong MEA 2015, Mahasiswa UPI Kembangkan Bisnis Ekonomi Kreatif
Songsong MEA 2015, Mahasiswa UPI Kembangkan Bisnis Ekonomi Kreatif

TAHUN 2015 merupakan babak baru bagi perekonomian Indonesia, dimana globalisasi dan integrasi ekonomi akan semakin besar dan bebas. Hal ini dikarenakan Indonesia termasuk kedalam negara ASEAN yang ikut menandatangani dan menjadi anggota Masyarakat Ekonomi Asean (Asean Economic Community).

Dalam menyambut pasar bebas, sejumlah mahasiswa UPI pun turut mengembangkan berbagai inovasi dalam bidang ekonomi, diantaranya yang dilakukan oleh perusahaan dengan nama SpiritMuda Publishing yang digawangi oleh Robi Awaluddin (Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Eks Menteri Pendidikan BEM REMA UPI dan Eks Direktur UKM Penelitian LEPPIM UPI), Nisa Rahmah Suci, Gina Sonia (Mahasiswa Pendidikan Ekonomi) dan Quinzy (Mahasiswa Pendidikan Biologi) ini mengembangkan bisnis ekonomi kreatif di bidang penerbitan, desain multimedia, handy craft dari limbah dan software developer.

banner 728x90

“Bangsa Indonesia harus memiliki nilai tambah dan keunggulan komparatif dengan bangsa lain. Jika tidak, kita hanya akan menjadi follower dan sasaran pasar yang empuk bagi produk dan perusahaan lain, tanpa pernah menjadi leader dan penguasa di pasar domestik sendiri, terlebih sekarang Indonesia menjadi negara terkonsumtif ke-2 terbesar di dunia”, kata Robi Awaluddin.

Dikatakan Robi, untuk menyikapi hal itu, kita tidak boleh marah dan berkeluh kesah, melainkan kita harus berpikir dan membuktikan kepada dunia, bagaimana membangun nilai tambah melalui produk-produk ekonomi yang dapat diterima pasar.

“Kita sebagai mahasiswa tidak bisa tinggal diam, saatnya membendung produk asing dengan karya-karya sendiri yang kreatif dan inovatif, maka atas dasar itu, perusahaan ini dibuat”, lanjut Robi.

Alhamdulillah, kami mendapatkan dana dari Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun 2013 kemarin, dan kini sedang dalam tahap pengembangan perusahaan, inovasi dan marketing produk, pesanan pun sudah mulai berdatangan, tutup Robi.(berita.upi.edu)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.