Solo Bakal Bangun Pusat Layanan Autis

oleh -1 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

PUSAT Layanan Autis (PLA) bakal dibangun di kota Solo, Jawa Tengah. Gedung PLA tersebut akan menempati lahan seluas 3 ribu meter persegi dengan luas bangunan 840 meter persegi di kawasan Ngemplak, Solo.
“Pembangunan PLA Solo dibiayai dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2013 sebesar Rp2,9 miliar. Saat ini masih dalam proses lelang. Namun ditargetkan pada tahun ini bisa selesai dan beroperasi pada 2014,” papar Ketua Tim Pengelola Pembangunan PLA, Wahyono, saat dikonfirmasi Okezone di Solo, Jawa Tengah, Selasa (6/8/2013).

Menurut Wahyono, gedung PLA akan memiliki dua lantai. Lantai atas difungsikan sebagai fasilitas rekam medis, ruang sensory, dan ruang transisi. Sementara lantai dasar digunakan untuk ruang bermain, terapi fisik, okupasi assessment, ruang tenaga terapis, ruang terapi individu, ruang terapi wicara, ruang visual, ruang konsultasi, dan ruang tenang.

“Bangunan PLA memakai standar sesuai dengan anak-anak berkebutuhan khusus (ABK). Sarana prasarana yang digunakan mesti mendukung perkembangan motorik anak, misalnya, pintu yang digunakan untuk bangunan PLA harus memiliki gagang pintu. Tujuannya agar organ tubuh anak ikut bergerak saat membuka atau menutup pintu,” jelasnya.

Dia mengemukakan, standar bangunan gedung PLA dibuat ergonomis dan disesuaikan dengan kebutuhan penyandang autis. Lokasi gedung pun sengaja didekatkan dengan sekolah reguler agar ke depan, penyandang autis bisa bersosialisasi dengan siswa reguler. “Lokasi gedung PLA berada di  samping SDN Ngemplak 1 Solo. Kebetulan SD tersebut  direncanakan akan menjadi sekolah inklusi,” tandas Wahyono.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.