Soal UN SMP untuk Hari Terakhir Sudah Dikirim

oleh -3 views
Ilustrasi (antara.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (antara.com)
Ilustrasi (antara.com)

MESKI didistribusikan secara bertahap, naskah soal Ujian Nasional (UN) untuk SMP/MTs yang akan digunakan pada hari Rabu dan Kamis dipastikan sudah dikirim. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud, Khairil Anwar Notodiputro, mengatakan bahwa naskah soal UN untuk pelaksanaan Rabu dan Kamis sudah dikirim dari percetakan pada hari Senin.
Paling tidak, lanjut Khairil, kabupaten/kota penyelenggara UN sudah dapat menerima naskah soal mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam pada hari ini, Selasa (23/4/2013).

“Senin ini naskahnya sudah dikirim ke daerah-daerah yang ada. Tadi saya sudah dapat laporan,” kata Khairil di Kemendikbud, Jakarta, kemarin.

Namun, untuk mengantisipasi terjadinya kekurangan soal UN di daerah tujuan, prosedur dan instruksi sudah disiapkan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan bahwa peserta UN tak perlu khawatir karena kementerian sudah menyediakan satu cadangan soal untuk tiap kelas.

“Tapi jika ternyata kurangnya masif maka diperbolehkan memfotokopi asal didampingi oleh pihak kepolisian, dinas dan perguruan tinggi,” ungkapnya.

Seperti diketahui, penyelenggaraan UN SMP/MTs kali ini tak jauh berbeda dengan UN SMA/SMK/MA beberapa waktu lalu. Meski dilaksanakan pada hari yang sama, sejumlah daerah terpaksa memundurkan jam karena soal kurang dan bahkan ada yang terlambat datang.(edukasi.kompas.com)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.