Soal UN SD Sudah Sesuai Kisi-Kisi

oleh -2 views
Ilustrasi (www.sekolahdasar.net)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (www.sekolahdasar.net)
Ilustrasi (www.sekolahdasar.net)

HARI terakhir pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah dasar (SD) ternyata diwarnai dengan suka cita oleh Cattelya Sofisti Azzahra, siswi SD Negeri 01 Peninggilan, Ciledug, Tangerang. Cattelya yang biasa dipanggi Kety ini merasa sangat gembira telah menyelesaikan ujiannya dengan lancar.

Persiapan yang dilakukan Kety sangatlah sederhana. Selain pendalaman materi di sekolah, dirinya mengaku hanya mempelajari kisi-kisi UN yang diunggahnya dari internet. Kety menuturkan dalam percakapannya melalui seluler, Rabu (8/05) bahwa dirinya sempat tidak percaya diri pada hari pertama.

Tetapi pada saat mengerjakan soal Bahasa Indonesia, dirinya menyadari bahwa soal-soalnya hampir sama seperti yang dipelajari selama ini dari kisi-kisi. “Ternyata mudah juga. Ini mah sudah biasa dipelajari di sekolah dan di rumah,” ujar siswa yang mempunyai hobi menggambar manga ini dengan sumringah.

Sejak menyadari hal itu, tumbuhlah kepercayaan diri Kety untuk lebih konsentrasi mengerjakan UN pelajaran berikutnya. Demikian pula pada hari kedua dan ketiga. “Akhirnya saya cuma belajar kisi-kisi tiap hari, soalnya mudah sekali,” tambahnya. Bahkan, pada mata pelajaran Matematika, Kety merasa soal UN lebih mudah daripada soal Ujian Akhir Sekolah (UAS). “Matematika gampang, malah lebih susah UAS,” ungkapnya.

Kety mengaku dirinya mengunduh sendiri kisi-kisi soal dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dengan sesekali didampingi belajar oleh orang tuanya. Kety berharap mendapat nilai yang memuaskan dan dapat melanjutkan ke SMP Negeri 3 Tangerang pilihannya. Selamat Kety! (kemdiknas.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.