Soal UN Harus Dibedakan Per Daerah

oleh -1 views
Ilustrasi (dikmen.kemdiknas.go.id)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (dikmen.kemdiknas.go.id)
Ilustrasi (dikmen.kemdiknas.go.id)

PERSIAPAN Ujian Nasional (UN) tetap harus prima meski tidak lagi menjadi alat penentu kelulusan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) harus memastikan soal-soal yang diujikan layak menjadi media pemetaan pendidikan Tanah Air.

Pengamat pendidikan Darmaningtyas menilai, proses pembuatan soal harus melalui tahap review untuk menentukan kelayakan, termasuk tingkay kesulitan. Dia menyarankan, Kemendikbud membagi kesulitan soal sesuai dengan kategori wilayah Indonesia.

banner 728x90

“Menurut saya, butir soal harus berbeda. Sebagai contoh, soal tersebut dibagi menjadi empat jenis di seluruh wilayah Indonesia, seperti soal A mencakup sekolah-sekolah di wilayah perkotaan. Jenis soal B sekolah-sekolah di wilayah pedesaan, jenis soal C mencakup sekolah-sekolah swasta pinggiran, dan jenis soal D di wilayah pelosok-pelosok,” ujar Darmaningtyas, tadi malam.

Dengan begitu, Tyas melanjutkan, perbandingan antara satu daerah dengan daerah lain selevel. Sebab, Papua dan Jakarta tentu saja berbeda.

“Fungsinya kan untuk mengetahui kualitas. Seperti mata pelajaran (mapel) daerah mana yang unggul dan dikaji kenapa daerah ini lebih unggul mapel matematika dibandingkan dengan mapel IPS,” ucapnya.(news.okezone.com)