SMP AL-Isma’Ilyah Pupuk Kemandirian Siswa dengan Pramukan

Saturday 12 September 2015 , 2:30 AM
SMP AL-Isma'Ilyah Pupuk Kemandirian Siswa dengan Pramukan(sukabumizone.com)

SMP AL-Isma’Ilyah Pupuk Kemandirian Siswa dengan Pramukan(sukabumizone.com)

GUNA memupuk sifat kemandirian dalam diri siswa, perlu dilakukan beberapa upaya serta pelatihan agar siswa terbiasa melakukan yang terbaik dalam kehidupannya. Seperti yang dilakukan Sekolah Menengah Pertama (SMP) AL-Isma’Ilyah di Kampung Cireundeu, Desa Girijaya Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, belum lama ini. Salah satunya, melakukan rutinitas pelatihan pramuka. Hal tersebut, setidaknya dapat memberikan pengalaman bagi siswa bagaimana hidup mandiri dan bersosialisai dengan lingkungan sekitar. “Selama pelatihan berlangsung kami hanya memberikan materi dan kegiatan-kegiatan. Selain itu, siswa SMP ini diwajibkan turut serta melatih siswa SD untuk lebih memantapkan kemampuannya,” Kata Kepala SMP AL-Isma’iliyah Dhany Ramdhan melalui salah seorang guru sekaligus pembina pramuka Jaenudin kepada www.sukabumizone.com, Rabu, (9/9).

Kegiatan tersebut diharapkan memberikan nilai positif terhadap perkembangan potensi siswa di bidang emosional, kreativitas maupun akademik lanjut Jaenudin. Apalagi saat ini kepramukaan telah menjadi program wajib yang masuk dalam kurikulum pembelajaran. Maka tak heran jika SMP AL-Isma’Iliyah betul-betul memaksimalkanya sebagai bagian dari program yang efektif dalam mengembangkan potensi peserta didik. “Untuk mendukung ke arah itu, maka siswa terus digembleng dengan beberapa kegiatan kepramukaan. Diantaranya, memahami sandi, morse, semaphore, senam pramuka dan lainnya.Yang paling penting dari kepramukaan adalah kesungguhan siswa dalam memaknai serta menterjemahkan nilai-nilai luhur pramuka dalam kehidupan yang seluruhnya tertuang dalam Dasa Dharma dan Tri Setya Pramuka,” ujar Jaenudin.

Siswa perlu menyadari bahwa pramuka itu sangatlah penting sebab di dalamnya terdapat nilai-nilai luhur yang perlu diaktulisasikan dalam kehidupan. “Kami berharap, dengan upaya yang saat ini dalakukan dapat membuahkan hasil yang maksimal,” pungkasnya.(sukabumizone.com)

 

Comments are closed.