SMK N 10 Bandung: Prinsip Dasar Kurikulum 2013 Telah Diterapkan Sejak Lama

oleh -58 views
Gedung Kesenian SMKN 10 Bandung
Arrief Ramdhani
Gedung Kesenian SMKN 10 Bandung
Gedung Kesenian SMKN 10 Bandung

ANIMO positif implementasi Kurikulum 2013 bukanlah barang baru bagi SMK Negeri 10 Bandung. SMK Negeri ini bahkan sejak dulu sudah mengarahkan metode pengajarannya sebagaimana yang diamanatkan Kurikulum 2013. Kesiapan dan keoptimisan melaksanakan Kurikulum 2013 ini disampaikan kepala sekolah, Ontahari, ketika ditemui di Bandung (5/09).

Menurut Ontahari, kesiapan SMK Negeri 10 Bandung dapat dinilai dari kesiapan sumber daya manusianya, fasilitas pembelajarannya, sampai metode mengajar dimana guru-guru sudah terbiasa men-support peserta didik untuk lebih kreatif. “Tidak hanya itu, kesiapan ini juga ditunjang dengan kemampuan guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga mampu menumbuhkan kreatifitas dan prestasi peserta didik,” ujarnya.

Tidaklah mengherankan jika Ontahari sangat optimis SMK 10 Bandung dapat menjadi laboratorium seni budaya Sunda mengingat sekolah adalah wujud lembaga formal transfer ilmu kepada peserta didik, khususnya seni dan budaya. “Kami melestarikan budaya melalui pendidikan ini, dari guru ke siswa sehingga juga ada proses filter budaya yang baik,” jelasnya.

Dengan jumlah peserta didik lebih dari 800 orang, SMK ini terbukti menjadi juara umum pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional di Medan pada Juli 2013, pentas di berbagai tempat baik di Indonesia dan mancanegara, maupun prestasi ekstrakurikuler lainnya.

Sekolah yang berlokasi di Jalan Cijawura Hilir Nomor 339 Buah Batu, Bandung ini juga terus berupaya meningkatkan kompetensi siswa yang berhubungan dengan kebutuhan industri. “Jadi ketika lulus nanti, siswa tidak kaget lagi dan industri juga sudah tahu persis potensi lulusan sekolah ini,” jelasnya.

Selain itu, menurut Ontahari, dukungan pemerintah baik pusat dan daerah sangat berperan dalam peningkatan kualitas dan kuantitas sekolah. Selain bantuan material untuk pengembangan fasilitas pendidikan, juga dukungan moral yang sangat dirasakan manfaatnya bagi aktualisasi siswa, seperti mendapat kesempatan tampil diberbagai acara baik tingkat nasional maupun internasional.

Kiprah SMK Negeri 10 Bandung tidak berhenti disini saja. Saat ini, pihak Sekolah diminta untuk membantu mempersiapkan SMK seni di Kabupaten Subang, khususnya dalam bidang kurikulum dan sumber daya manusia.

Bervisikan “Menjadi lembaga unggulan dalam pendidikan, pelatihan, dan ketahanan seni budaya yang bermartabat di tingkat nasional maupun internasional”, Sekolah ini menawarkan Program Studi Keahlian Seni Pertunjukan dan Teknis Broadcasting dengan kompetensi keahlian: Seni Karawitan, Seni Tari, Seni Teater, Seni Musik, dan Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian.(kemdikbud.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.