SMK di Purwakarta Ini Usung Kearifan Lokal

Friday 07 February 2020 , 7:42 AM

Ratusan Murid SD Ikuti Festival Alimpaido.(pikiran-rakyat.com)

BUPATI Purwakarta Anne Ratna Mustika resmikan Unit Sekolah Baru (USB) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN)3 Lingga Buana Purwakarta, di Kp. Karangsari, Desa Citalang, Purwakarta. Anne terkesan dengan keunikan sekolah menengah ini karena menjunjung kearifan lokal di lingkungannya.

Anne mengatakan, sekolah ini merupakan sekolah pertama di Purwakarta yang mengusung kearifal lokal. Nuansa kebudayaan terasa kental di sekolah.

“Satu-satunya SMK yang mempunyai alat gamelan, SMK ini sangat mengedepankan dan mengusung kearifan lokal, agar nantinya anak-anak tidak lupa sama purwadaksi,” kata Anne, Kamis (6/2).

Ia mengatakan konsep ini sangat bagus diterapkan di lingkungan sekolah. Dengan diusungnya kearifan lokal, mereka tidak akan lupa akan identitas sekolah maupun daerah asalnya.

“Ini sangat bagus, Kearifan lokal harus ditanamkan. Itu yang mencirikan atau membedakan dengan daerah lain. Meskipun nantinya sedang berada di negeri orang, akan tetap ingat dan cinta sama tanah kelahirannya, supaya mereka mencintai daerahnya, mencintai purwakarta dan mencintai Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, tambahnya, lokasi sekolah saat ini sangat strategis dan asri. Seperti diketahui, sebelumnya, SMK Linggabuana ini ikut menyatu dengan bangunan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Purwakarta.

“Alhamdulillah, sangat bangga, SMK 3 sudah punya bangunan sendiri, tempatnya strategis, lingkungan nya nyaman, dan alamnya yang asri, banyak pepohonan, menjadikan sekolah ini tidak sumpek untuk kegiatan belajar,” ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Anne akan merampungkan bangunan yang belum selesai semua. Ia pun berencana berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Barat agar membantu perampungan bangunan sekolah tersebut.(republika.co.id)

Comments are closed.