SMK Bisa: Tempat Pameran dan Bazar Buku Murah yang Banyak Dikunjungi

oleh -1 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
kemdiknas.go.id
kemdiknas.go.id

LULUSAN SMK memang dicetak untuk siap kerja dan mampu untuk berwirausaha menciptakan lapangan pekerjaan. “Bahkan lulusan kami sudah banyak industri yang memesan untuk dijadikan pegawai tetap,” demikian tutur Kepala Program Studi Tata Kecantikan SMKN 3 Tangerang, Ariasni, ketika ditemui di stan Pameran dan Bazar Buku dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di lapangan Kemdikbud, Senayan, Jakarta (28/06).

Hal ini berdasarkan hasil pengalaman saat Ujian Nasional lalu. Para perwakilan dari industri memarkirkan mobil di depan sekolah. Mereka kemudian membuka stan yang digunakan untuk tempat rekruitmen pegawai langsung.Ariasni juga mengisahkan sering ditemui mantan-mantan muridnya yang dengan sangat antusiasnya menceritakan keberhasilan mendirikan salon kecantikan dan usaha mandiri lainnya.

Sekolah yang menawarkan jurusan Kecantikan, Busana, Boga, Perhotelan, Tehnik Jaringan Komputer ini juga memiliki 25 persen lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi seperti ke UNJ dan UPI. Untuk urusan prestasi, SMKN 3 Tangerang selalu mendapat juara di Lomba Kompetensi Siswa (LKS), kejuaraan Bahasa Inggris, Paskibra, dan juga 100 persen lulus Ujian Nasional.

Menurut Kepala Seksi Penilaian dan Akreditasi Direktorat Pembinaan SMK, Yunus Simangunsong, kelebihan dari pendidikan di SMK adalah sudah terjalinnya kerja sama yang baik dengan industri sehingga lulusannya dapat langsung bekerja. “Tidak hanya itu, di SMK juga diajarkan tentang kewirausahaan termasuk tehnik marketingnya. Jadi jika siswa memilih untuk berwirausaha, sudah menguasai juga ilmu marketing,” jelasnya.

SMK lainnya yang juga berpartisipasi dalam Pameran dan Bazar Buku yaitu SMK Broadcast Mahardhika Depok yang menawarkan kompetensi keahlian Fotographer, Cameraman, Lightingman, Audioman, Director, Scriptwriter, Editor, dan Reporter. Ada juga stan SMK Grafika Raden Umar Said Kudus dengan kompetensi keahlian Persiapan Grafika, Produksi Grafika, dan Desain Komunikasi Visual. SMKN 4 Malang dengan kompetensi keahlian Animasi, SMK Tunas Hati Pati dan SMK Plus AlMaarif Singosari dengan beragam kompetensi keahlian teknik.(kemdiknas.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.