Smart Tren, Pendidikan Karakter di Ramadan

oleh -41 views

Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) akan menghadirkan berbagai program pada bulan Ramadan tahun ini. Program-program tersebut merupakan perwujudan dari pendidikan karakter berbasis keagamaan.

Kadisdik Jabar, Dedi Supandi menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan program pada bulan Ramadan ini. “Dikemas dalam program Smart Tren, nantinya akan ada berbagai kegiatan yang dilakukan di sekolah,” ujar Kadisdik di Hotel Trans Luxury Bandung, Jln. Gatot Subroto No. 289, Kota Bandung, Senin (12/4/2021).

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Berbagai kegiatan lainnya adalah Kajian Islam di Sekolah (KIDS), kajian rutin, dan Ajengan Masuk Sekolah (AMS). “Kita juga akan mengadakan lomba menulis mushaf Al-Qur’an untuk para siswa,” tutur Kadisdik.

Selain itu, akan ada beberapa program yang digelar, berkolaborasi dengan pihak Jabar Bergerak, seperti Buka Bersama on The Screen (Bubos) serta berbagi makanan berbuka.

Ia berharap, program-program tersebut mampu meningkatkan ketakwaan sekaligus menebalkan pendidikan karakter religius.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) Disdik Jabar, Deden Saeful Hidayat menjelaskan, selaras dengan tugas tambahan bidang PKLK untuk meningkatkan pendidikan karakter siswa, program tersebut sangat bermanfaat bagi para siswa.

“Selain meningkatkan wawasan di bidang keagamaan, program ini nantinya akan memberikan pendidikan karakter bagi siswa. Ini adalah salah satu tugas tambahan bidang PKLK,” ungkapnya.

Nantinya, seluruh program di bulan Ramadan akan dirilis bersamaan pada 16 April 2021. Adapun pelaksanaan program tersebut diselenggarakan oleh Kelompok Kerja (Pokja) Penumbuhan Budi Pekerti bidang Keagamaan. (disdik jabar)