SMAN 1 Cikalong Wetan Cetak Pribadi Satria Mandala

oleh -78 views
SMAN 1 Cikalong Wetan - inilah.com
Arrief Ramdhani
SMAN 1 Cikalong Wetan - inilah.com
SMAN 1 Cikalong Wetan – inilah.com

SECARA umum, Satria Mandala yang berasal dari bahasa Sansekerta dipakai untuk penanda lingkungan keramat bagi para ksatria.

Nama SMAN 1 Cikalongwetan sudah sangat akrab di telinga masyarakat setempat, termasuk beberapa kecamatan sekitarnya seperti Cipeundeuy dan Padalarang. Bahkan, satu-satunya SMA negeri di kecamatan ini memiliki siswa luar kota bahkan dari luar provinsi.

Warga SMAN 1 Cikalongwetan beserta para alumni pun telah akrab dengan istilah Satria Mandala. Slogan ini, dipajang di beberapa titik sekolah, termasuk di spanduk masa orientasi peserta didik (MOPD) awal tahun ajaran 2014/2015. Lantas, apa makna Satria Mandala?

Satria Mandala adalah visi misi sekolah yang berdiri sejak tahun 1983, di Kampung Baru, Desa Mandalamukti Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ini.

Kata Satria, dalam bahasa Indonesia sering diartikan pejuang. Dalam bahasa Jawa diartikan gagah atau dalam bahasa Inggris, dipadankan dengan chivalry, yang berarti berarti jalan penghidupan yang tentram, merdeka, bahagia, dan sempurna.

Wakil Kepala SMAN 1 Cikalongwetan Urusan Humas, Dudung menjelaskan, kata satria bukan dimaksud pahlawan bertopeng atau superhero yang kerap muncul dalam film.

“Satria merupakan visi sekolah dan Mandala adalah misinya. Dengan visi misi itu. Kami warga sekolah memiliki yel semangat, unggul dalam mutu dan berprestasi dalam setiap kegiatan,” bebernya, saat ditemui INILAH.COM, di sela-sela kegiatan MOPD di sekolah tersebut, Selasa (15/7/2014).

Bila dirinci Satria merupakan akronim. Kepanjangan dari Sehat, Akhlak, Terampil, Responsif, Ilmiah, dan Agamis. Karakter unggul ini cakupannya komprehensif, diharapkan para peserta didiknya bisa meraih visi tersebut.

Adapun Mandala, merupakan penjabaran dari visi dan langkah yang akan ditempuh untuk mewujudkan insan Satria. Mandala merupakan kepanjangan dari Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, Akhlakul karimah, Nilai semangat kemandirian, dan keunggulan.

Selanjutnya, Disiplin motif berprestasi dan etos kerja tinggi dalam setiap pelayanan di sekolah ini, Antara semua personel sekolah ada sinergi yang harmonis, Loyalitas nan penuh dedikasi serta yang terakhir Akuntabilitas dan transparansi manajemen pengelolaan sekolah.

“Untuk menunjang itu semua, kami membuktikannya dengan memberikan fasilitas layanan pendidikan terbaik. Meskipun sekolah ini jauh dari kota, namun alhamdulillah, bakat siswa dapat tertampung dengan adanya berbagai ruangan eskul, ada lab komputer, lab biologi, lab fisika, lab kimia, lab bahasa, perpustakaan yang cukup memadai dan ada akses wifi,” jelasnya.(inilahkoran.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.