SMA1 BPI Bandung, Raih Prestasi Nonakademik

oleh -66 views
Sma BPI 1 Kota Bandung
Arrief Ramdhani
Sma BPI 1 Kota Bandung
Sma BPI 1 Kota Bandung

MERAIH prestasi tidak hanya bisa diraih siswa sekolah berstatus tertentu. Apakah itu sekolah negeri, swasta maupun sekolah unggulan atau bertaraf internasional.
Seperti beberapa prestasi yang ditorehkan SMA Badan Perguruan Indonesia (BPI) 1 Bandung. Sekolah berbasis pendidikan holistik ini baru saja mengukir prestasi, karena dua siswanya lolos seleksi ajang Forum Pelajar Indonesia.

Forum Pelajar Indonesia adalah kegiatan yang menyediakan ruang seluas-luasnya bagi pelajar SMA, SMK, ataupun MA untuk berkreasi dan berinovasi menyampaikan ide dan gagasan mereka. Baik kepada masyarakat, pemerintah ataupun kepada pelaku bisnis. Forum ini diprakarsai Indonesia Student And Youth Forum (ISYF) dan telah menjadi agenda tahunan sejak 2009.

Kepala SMA BPI 1 Bandung, Deti Sudiarti mengatakan, prestasi kedua anak dididknya tersebut merupakan yang kelima kalinya dalam mengikuti forum nasional. Itu jelas membanggakan sekolah, lantaran seleksi untuk mengikuti FPI yang digelar pada 18-23 Desember mendatang sangat ketat.

“Bangga dengan prestasi siswa kami. Sebab, tidak semua siswa SMA/SMAk mendapatkan kesempatan mengikuti forum ini,” ujar Deti kepada INILAH ditemui diruang kerjanya, Jalan Burangrang, Kota Bandung, belum lama ini.

Dia berharap, prestasi anak didiknya tidak hanya di satu bidang saja, tetapi lebih menyeluruh meskipun di luar bidang akademik. Selain itu, pembinaan yang dilakukan melalui kegiatan yang selalu melibatkan siswa agar lebih berpikir terbuka pada lomba.

“Sehingga siswa akan lebih berpengalaman dalam mengikuti lomba dan berwawasan luas. Hal ini tentunya diharapkan dapat berpengaruh besar pada kemajuan sekolah,” ungkapnya.

Sementara itu, peserta FPI dari SMA 1 BPI Bandung, Anastasya Lutmila Balqis mengatakan, dirinya mengaku sangat bangga terpilih sebagai perwakilan alamamaternya. Pasalnya, tidak semua siswa SMA di Jawa Barat memiliki kesempatan untuk mengikuti lomba tersebut. “Enggak nyangka bisa lolos, namun sebelumnya optimistis,” ujar Anastasya.

Dia menambahkan, salah satu kriteria guna mengikuti FPI di antaranya membuat surat yang ditujukan kepada Presiden RI, Wapres dan Mendikbud. Syaran ini sekaligus merupakan kesempatan untuk menyampaikan aspirasi sebagai pelajar Indonesia.

Dalam surat tersebut, Anastasya menyampaikan permasalahan sosial yang terjadi disekitar lingkungan masyarakat. Sebab, saat ini generasi penerus, menurut dia, sudah bersikap apatis terhadap pemerintah.

“Kita lihat fenomena sosial yang terjadi disekitar kita, semua orang sudah individualistis. Sedangkan negara kita terkenal dengan budaya kegotong-royongannya,” katanya.

Hal serupa diungkapkan teman Anastasya yang juga terpilih menjadi peserta FPI, Rizky Izdihar Tristianti. Dia mengungkapkan, kesempatan mengikuti lomba FPI tidak akan disia-siakannya. Dia menilaim soal budaya Indonesia yang kian lama semakin terpengaruhi budaya luar. Terlebih pengaruh budaya luar yang semakin diganderungi anak muda khususnya kalangan pelajar.

“Banyak sekali tayangan di televisi pelajar yang bermain cinta-cintaan, hal ini sangat tidak patut untuk ditiru karena bisa merusak moral generasi penerus bangsa. Belum lagi dengan maraknya pelajar yang menggunakan
kecanggihan teknologi sebagai penentu status sosial,” pungkasnya.

Beberapa prestasi yang pernah ditorehkan siswa SMA BPI 1 Bandung yang mengedepankan kemampuan siswa di antaranya di bidang budaya, modeling, dan kabaret.

Tahun 2012, sekolah ini menjadi juara pertama dan mendapatkan gelar Queen dari provider telekomunikasi ternama di tingkat Jabar. Selain itu pada 2010 dua siswa SMA BPI 1 Bandung pernah menjadi duta ASEAN di bidang seni budaya. (inilahkoran.com)

14 thoughts on “SMA1 BPI Bandung, Raih Prestasi Nonakademik

  1. Ping-balik: chiem bao thay voi
  2. Ping-balik: check it out
  3. Ping-balik: idn slot
  4. Ping-balik: Devops Companies
  5. Ping-balik: Dark0de Market Link
  6. Ping-balik: canlı bahis
  7. Ping-balik: gui hang di my
  8. Ping-balik: microsoft exchange

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.