SMA dan SMK Kab. Bandung Harus Bebaskan SPP Bulanan

Tuesday 08 July 2014 , 4:23 AM
Ilustrasi : tukangngarang.wordpress.com

Ilustrasi : tukangngarang.wordpress.com

DINAS Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kab. Bandung meminta SMAN dan SMKN membebaskan SPP bulanan kepada para siswa kecuali untuk lima sekolah. Hal itu disebabkan anggaran BOS untuk SMA dan SMK pada tahun ini akan bertambah besar terutama dari Pemkab Bandung sebesar Rp 52 miliar.

“Sebagai upaya mencapai pendidikan 12 tahun, maka mulai tahun ajaran 2014/2015 semua SMAN dan SMKN tidak boleh memungut SPP bulanan kecuali untuk lima sekolah. Yakni, SMAN 1 Baleendah, SMAN 1 Margahayu, SMKN 2 Baleendah, SMKN 1 Katapang, dan menyusul SMAN 1 Soreang,” kata Kepala Disdikbud Kab. Bandung, Agus Firman di Aula Disdikbud Kab. Bandung, Senin (7/7/2014).

Lebih jauh Agus mengatakan, pengecualian pungutan SPP bulanan untuk lima sekolah tersebut karena merupakan sekolah-sekolah unggulan di Kab. Bandung yang perlu didorong masyarakat.

“Dengan status mantan Rintisan Sekolah Berstandard Internasional (RSBI) maupun sekolah model, maka kebutuhan anggaran untuk lima sekolah itu berbeda dengan sekolah-sekolah lain,” ujarnya.

Penggratisan SPP bulanan untuk SMA dan SMK di Kab. Bandung, menurut Agus, memungkinkan karena dari pemerintah pusat sudah mengucurkan anggaran BOS SMA dan SMK “Sedangkan dari Pemprov Jabar juga membantu BOS SMA dan SMK sejumlah Rp 400.000,-/siswa/tahun. Pemkab Bandung juga menambah BOS SMA sehingga tak ada alasan lagi memungut SPP,” katanya.(jabar.tribunnews.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.