SM-3T Generasi Kelima Sebanyak 3.140 Sarjana

Wednesday 19 August 2015 , 4:26 AM
Ilustrasi (kemdikbud.go.id)

Ilustrasi (kemdikbud.go.id)

SEBANYAK 3.140 sarjana diberangkatkan ke daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T). Mereka yang merupakan generasi kelima Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (SM-3T) berasal dari 16 universitas pendidikan yang ada di Indonesia, dengan latar belakang 28 program studi yang berbeda.

Dari 3.140 sarjana tersebut, sebanyak 249 diantaranya berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Jumlah sarjana lulusan UPI yang lolos untuk mengikuti program SM-3T tersebut meningkat cukup signifikan dari tahun 2014 sebelumnya, yakni sebanyak 168 sarjana pada tahun 2014.

UPI menempati urutan ketiga universitas dengan peningkatan jumlah sarjana yang diberangkatkan dalam SM-3T setelah Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Universitas negeri Semarang mengirimkan 337 sarjana, meningkat 87 orang dari tahun sebelumnya yaitu 250 sarjana. Sementara Universitas negeri Yogyakarta menjadi universitas penyumbang sarjana terbanyak yakni 384 sarjana, meningkat 166 orang dari tahun sebelumnya yaitu 218 sarjana.

Adapun sarjana lainnya pada SM-3T generasi kelima tersebut berasal dari Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Malang, Universitas negeri Makasar, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Surabaya, Universitas negeri Medan, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Mulawarman, Universitas Nusa Cendana, Universitas Riau, Universitas Syiah Kuala, dan Universitas Tanjung Pura.(pikiran-rakyat.com)

 

Comments are closed.