Siswa SMPN 1 Ciparay Jadi Duta Sanitasi Jabar

oleh -9 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

SISWA SMPN 1 Ciparay, Olivia Delfira, terpilih sebagai duta sanitasi Jabar sehingga berhak ikut ke tingkat nasional. Olivia mengampanyekan gerakan “Masakan Mamah Club” (MMC) untuk mengurangi sampah dari jajanan anak sekolah.

“Di SMPN 1 Ciparay sendiri ada 1.500 siswa sehingga kalau 1.000 saja siswa yang jajan dengan bungkus plastik, styrofoam, atau kertas akan banyak memunculkan sampah,” katanya, Selasa (14/10/2014).

Dengan gerakan “MMC” itu, kata Olivia, tiap siswa membawa sendiri makanan dan minuman dari rumahnya. “Selain bisa mengurangi produksi sampah, maka dengan membawa masakan dari rumah akan bisa menghemat uang jajan,” ujarnya.

Kalau pun para siswa tidak bisa membawa masakan dari rumah karena ibu tidak sempat masak, maka para siswa cukup membawa wadah makan dan minum. “Nanti wadah itu dibawa ke kantin saat jajan sehingga tidak memakai bungkus plastik atau kertas,” tambahnya.

Keuntungan lain adalah masakan dari rumah lebih sehat karena tidak memakai bahan pengawet maupun bahan pewarna. “Para siswa juga makin sehat badannya dan belajar juga makin semangat,” ucapnya.(pikiran-rakyat.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.