Siswa SMKN13 Bandung Sering Inisiatif Ikut Lomba

Thursday 19 March 2015 , 2:21 AM
Siswa SMKN13 Bandung Sering Inisiatif Ikut Lomba.(inilahkoran.com)

Siswa SMKN13 Bandung Sering Inisiatif Ikut Lomba.(inilahkoran.com)

KEBERHASILAN proses pendidikan tidak semata tergantung hasil prestasi akademik. Sebab untuk berkiprah di tengah masyarakat lulusan sebuah sekolah juga harus memiliki karakter positif yang kuat.
Beragam cara dapat dilakukan pimpinan sekolah dan guru, untuk membentuk karakter positif para siswa. Di antaranya dengan mendorong siswa mengikuti berbagai kegiatan lomba kompetensi maupun bidang kreativitas lain.

Dukungan seperti ini juga yang diberikan pimpinan serta gugu-guru SMKN 13 Bandung kepada para siswa. Melalui berbagai kegiatan lomba, para siswa sudah mengukir sejumlah prestasi di tingkat kota, provinsi, bahkan tingkat nasional. Kebanggaan tentu bukan hanya dirasakan para siswa, tapi juga pimpinan, guru-guru, dan para orang tua.

Wakil Kepala SMK Negeri 13 Bandung Bidang Hubungan Industri (Hubin), Hubungan Masyarakat (Humas), dan Bursa Kerja Khusus (BKK), Popong Wariati, menjelaskan, para siswa dari Jurusan Analis Kimia (AK) maupun Teknik Komputer Jaringan (TKJ) sama-sama bangga ketika mengikuti lomba yang mengusung nama sekolah.

Prestasi yang banyak diraih memang lebih banyak diraih para siswa Jurusan AK. Seringkali anak-anak itu kalau ada perlombaan mereka yang mencari sendiri. Anak-anak sudah terbiasa aktif mencari informasi lomba, ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jumat (13/3).

Salah satu bentuk dukungan dari sekolah, yaitu mencarikan pembimbing khusus yang dapaat membantu mempersiapkan para siswa mengikuti berbagai lomba. Sebelum lomba, para siswa pun diberi waktu khusus untuk berlatih.

Misalnya beberapa bulan sebelumnya kita latihan dulu. Biasanya sore hari setelah selesai jam pelajaran sekolah, baru dilakukan pembimbingan sama anak-anak. Jadi sama sekali tidak mengganggu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), tambahnya.

Lomba yang diikuti tak semata terkait kompetensi tapi juga keterampilan ekstrakurikuler. SMK Negeri 13 Bandung saat ini memiliki kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Paskibra, Karawitan, Angklung, Karate, Banjay (Bahasa Jepang), Unit Produksi dan Jasa (UPJ).

Para siswa rutin berlatih setiap Sabtu sesuai ekstrakurikuler yang dipilih, di bawah binaan guru-guru SMKN 13 dibantu pelatih dari luar sekolah. Ke depannya kami berharap, siswa SMKN 13 Bandung menjadi siswa yang terbaik serta bermanfaat bagi masyarakat, ujarnya. (inilahkoran.com)

Comments are closed.