Siswa SMKN 2 Kota Tasikmalaya Pemeran Maket Rumah

Tuesday 23 December 2014 , 2:37 AM
Siswa SMKN 2 Kota Tasikmalaya Pemeran Maket Rumah.(kabar-priangan.com)

Siswa SMKN 2 Kota Tasikmalaya Pemeran Maket Rumah.(kabar-priangan.com)

UNTUK mengenalkan hasil karya anak-anak teknik ba­ngunan, siswa SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya membuat pa­meran maket rumah di sa­lah satu ruang kelas yang ada di sekolah tersebut Sabtu (19/12/2014).

Ada 16 maket atau gambar rumah yang dipajang. Dua di antaranya rumah khas Sunda dan rumah joglo atau rumah khas Jawa. Sedangkan kebanyakan gam­­bar rumah yang dipajang adalah rumah khusus untuk perumahan dengan type aneka ragam. Hanya saja kebanyak rumah dibangun dua lantai.
Epin Nurjaman salah seorang siswa mencoba membuat model rumah type 120 dua lantai. Bentuknya minimalis modern dan sangat cocok di­terapkan di perumahan.

“Maket rumah ini memang terinspirasi dari rumah-ru­mah di perumahan. Dan gam­bar ini merupakan hasil laporan kompetensi ekterior dan interior,” katanya.Begitu juga dengan Nurul Hidayat Assidiqi dalam pamera tersebut membuat gambar rumah dua lantai, namun ukurannya lebih besar lagi.

Kelebihanya dalam pe­man­­faatan ruang di dalam rumah yang digambar lebih nyaman bagi penghuninya. Ia juga membuat gambar ru­mah dua lantai yang di­leng­kapi dengan taman di depan rumahnya.Berbeda, dengan keduanya, Deri Saparudin ber­sa­ma kelompoknya membuat maket rumah khasSunda dengan ukuran besar yakni type 120. Gambar rumah pang­gung itu pun sesuai dengan aslinya.

Hal itu juga dilakukan oleh Arip Nurrohman bersama kelompoknya membuat ru­mah Joglo atau rumah khas Jawa yang ukurannya sama dengan rumah khas Sunda. Memang dua maket tersebut berbeda dengan ma­ket lainnya yang kebanyak gambar rumah bertingkat khusus untuk perumahan.
Ketua Komunitas Art of Buil­ding Comunity (ABC) SMK Negeri 2 Kota Tasik­malaya, Femi Tiara Mulyan­tari mengatakan pameran maket rumah sengaja dila­kukan untuk memperlihat­kan hasil karya anak-anak teknik bangunan.Ia berharap pameran itu bisa dilihat oleh ma­syarakat terutama para orang tua mu­rid yang datang ke sekolah. (kabar-priangan.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.