Siswa Perlu Pendidikan Akhlak Muliya

oleh -10 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

MEMILIH pendidikan untuk anak jangan berpatokan dari mewah dan mahalnya biaya. Justru, seiring dengan perkembangan zaman yang kian berorientasi pada materialistis, anak-anak harus mendapatkan pembinaan akhlak mulia sebagai bekal hidupnya kelak.

“Selain mengasah intelektual, terhadap siswa-siswi juga harus dilakukan pembinaan akhlak mulia serta dilatih, diarahkan, dibimbing pada perkembangan yang positif. Agar memiliki akhlak mulia, siswa juga diarahkan lebih dekat dengan sang pencipta seluruh alam, Allah SWT,” kata anggota DPR HM Idris Laena dalam kapasitasnya sebagai pendiri Yayasan Laena International College (YLIC), di Bekasi Timur, Jumat 15 Juli 2016.

Dikatakan, banyak orangtua memasukan putra-putrinya ke sekolah dengan harapan putra-putrinya tersebut mendapatkan pembinaan akhlak mulia serta terbiasa berprilaku dengan sifat terpuji. Agar dapat mencapai kompetensi tersebut maka diperlukan dirancang materi pembelajaran serta strategi penyampaian dan pengelolaan yang tepat.

Menurut Idris, Alexandria Islamic School bisa menjadi salah satu pilihan. “Sebagai lembaga pendidikan berstandard internasional, diharapkan mampu mencetak manusia berakhlak mulia sesuai tujuan pembinaan itu sendiri yaitu memanusiakan manusia,” katanya.

Disebutkan, dalam proses pembinaan akhlak mulia perlu diperhatikan karakteristik kepribadian dari siswa itu sendiri sebagai subjek yang akan dibina. Ini dilakukan untuk mempermudah memilih dan menentukan strategi pembinaan akhlak mulia yang harus diterapkan.

Sejauh ini, pendidikan karakter di Indonesia dinilai masih sangat kurang. Pengamat pendidikan Arief Rahman mengatakan, dalam perkembangannya pendidikan karakter malah membingungkan. Sebab, nilai-nilai yang diajarkan sering tidak singkron dengan kehidupan anak di luar sekolah.( pikiran-rakyat.com)