Siswa Berprestasi Patut Diberi Kemudahan Masuk Sekolah

oleh -4 views
Ilustrasi : Sejumlah anak membaca Alquran. (republika.co.id)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi : Sejumlah anak membaca Alquran. (republika.co.id)
Ilustrasi (republika.co.id)

PEMERINTAH Kota Banjar akan memberikan apresiasi bagi siswa yang memiliki prestasi di bidang agama, seni, dan olahraga berupa kemudahan memilih sekolah yang diinginkan.

“Kita harus memberi penghargaan kepada atlet maupun aktris,” ujar Ketua DPRD Kota Banjar Dadang R Kalyubi, Selasa (3/6/2014).

Dikatakan  Dadang, Pemkot Banjar akan menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Banjar, untuk kemudian diteruskan kepada seluruh kepala sekolah (kepsek), untuk memberikan kemudahan kepada para siswa yang beprestasi.

“Masuk ke perguruan tinggi negeri saja sudah lama diberlakukan penerimaan calon mahasiswa berprestasi akademik langsung diterima di perguruan tinggi ternama, maka di sekolah pun harus bisa,” ujarnya.

Dijelaskannya, siswa beprestasi itu patut didahulukan pada saat penerimaan siswa baru. Baru setelah itu, dibuka untuk umum. Untuk siswa itu, lanjutnya, telah disediakan kuota sebanyak 20 Persen di setiap sekolah.

“20 Persen itu untuk siswa beprestasi dan juga siswa dari keluarga kurang mampu,” ujarnya.

Dadang menegaskan, setiap sekolah harus menjalankan ketetapan itu. Dadang menambahkan, tidak hanya intelektual harus dihargai pula soal keterampilan dan prestasi olah raga.

“Selain intelektual, ekstrakurikuler juga harus diperhatikan. Kita menghargai otak kiri dan otak kanan. Sebelah otak untuk ilmu pengetahuan, dan sebelah lagi untuk keterampilan. Kita harus akui itu,” ujarnya singkat.(fokusjabar.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.