, ,

Siswa Belajar dari Rumah, Guru di Tebo Tetap Lakukan Pembelajaran Aktif

oleh -7 views
Para siswa di Tebo sedang melaksanakan pembelajaran jarak jauh.

Jambi,- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tebo dan Program PINTAR Tanoto Foundation terus memberikan dukungan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran jarak (PJJ), seperti pelatihan bagi guru dan kepala sekolah baru-baru ini.

Pelatihan tersebut mendorong guru dan kepala sekolah mempersiapkan sebaik mungkin pembelajaran berkualitas selama siswa belajar dari rumah (BDR).

Salah satu upaya yang dapat dilakukan kepala sekolah adalah bagaimana menggali dukungan peran orangtua selama BDR berlangsung.

“Saya mendorong guru dan kepala sekolah secara aktif terus memberikan pembelajaran jarak jauh berkualitas kepada siswa,” ujar Sindi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tebo, Selasa, (29/9/2020).

Sindi berharap agar komite sekolah dan masyarakat memiliki pemahaman yang sama selama siswa belajar dari rumah, bahwa siswa harus tetap belajar, salah satunya mendapatkan pendampingan orangtua.

“Mereka terutama orangtua siswa harus mendukung penuh anaknya selama belajar dari rumah, Tanoto Foundation memiliki modul PJJ, sehingga guru dan kepsek harus menerapkan itu,” tambahnya.

Walaupun PJJ Tetap Aktif

Walaupun pembelajaran dilaksanakan jarak jauh atau daring, guru di Tebo tetap bisa melaksanakan pembelajaran aktif, seperti yang dilakukan Nur Eriyanti, guru SMPN 10 Tebo.

Ia mendorong siswanya membuat karya sendiri dalam Bahasa Inggris kebiasaan baik yang harus kita lakukan agar terhindar dari Covid-19.

“Siswa saya Sarah Hasugian, kelas VIII SMPN 10 Tebo, membuat gambar yang menceritakan tentang pencegahan Corona,” ujar Nur.

Selama masa pandemic, Tanoto Foundation tetap melatih dan mendampingi para guru, kepala sekolah, pengawas, dengan menyesuaikan materinya pada pembelajaran berbasis teknologi, daring maupun luring.

“Konsep pelatihan kami adalah menerapkan salah satu pembelajaran aktif MIKiR atau mengalami, interaksi, komunikasi, dan refleksi, jadi walaupun pembelajaran jarak jauh, siswa tetap belajar aktif,” pungkas Medi Yusva, Provincial Coordinator Tanoto Foundation Jambi.