Sistem Reproduksi Akan Diajarkan Sejak Kelas 1 SD

oleh -0 views
Sdn.Wangunreja
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengatakan bahwa sistem reproduksi akan diajarkan kepada siswa kelas 1 SD. Hal itu terkait dengan fenomena kekerasan seksual yang menimpa anak-anak.

Saat ini, sistem reproduksi dan pemberdayaan anak sudah tercantum dalam kurikulum 2013. “Sistem reproduksi dimulai dari kelas 1 SD sudah diajari,” ujar M. Nuh, di Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Jumat (16/5/2014).

M. Nuh melanjutkan, sistem reproduksi yang dimaksud seperti kebersihan terhadap diri sendiri. Bagaimana membersihkan diri sehabis buang air kecil mulai diperkenalkan dari kelas 1 SD.

Menurut mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) itu, dua hari yang lalu dirinya bersama kabinet Presiden dalam rapat terbatas membicarakan mengenai satgas anti kekerasan seksual terhadap anak. Dengan agenda utama membahas mengenai fenomena kekerasan seksual pada anak.

Dalam rapat tersebut dihadiri oleh para Menteri yang terkait, seperti Mendikbud, Menparekraf, Mensos, Menag, KPAI, Komnas Ham dan Komisi VIII. Untuk Kemendikbud sendiri,  mendapat tugas memastikan di dalam kurikulum 2013 ditambah pendidikan agama dan budi pekerti.

“Itu sudah dilakukan di Kurikulum 2013. Dan memastikan di Kurikulum ada hak dan kewajiban anak,” ucapnya.

Nuh melanjutkan, dalam waktu dekat akan ada rencana aksi untuk mencegah terjadinya pelecehan seksual yang melibatkan anak.

“Akhir Mei ini, ada Bu Yenni Wahid dan Komnas Perempuan. Mereka memberikan dukungan penuh,” tutur Mantan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) itu.

Terkait guru yang melakukan tindakan kekerasan seksual terhadap anak. Menurutnya, jika guru yang nakal, sanksi yang diberikan sudah ada aturannya.

“Itu kewenangannya di Pemerintah Daerah (Pemda) karena yang merekrut guru adalah Pemda,” katanya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.