Simpul Institute, Alternatif Pendidikan Kreatif

oleh -3 views
Simpul Institute
Arrief Ramdhani
Simpul Institute
Simpul Institute

DI sini digelar lokakarya, kelas penelitian, kuliah, presentasi, kunjungan, pertukaran, sekaligus galeri dan pusat dokumentasi.

Selama ini Simpul Space #2 telah dikenal sebagai tempat bagi komunitas-komunitas di Bandung beraktivitas, saling bertukar pikiran dan berbagi ilmu. Bangunan asri yang beralamat di Jalan Purnawarman No 70 Kota Bandung ini juga menjadi tempat belajar para siswa Simpul Institute.

Walaupun memakai kata institute, wadah ini bukanlah suatu sekolah formal. Seperti namanya, Simpul Institute hanya mengaitkan satu hal dengan hal lain. Dalam konteks ini, mengaitkan satu komunitas ke komunitas lain atau bahkan masyarakat umum.

Simpul Institute sendiri baru diresmikan tahun lalu, berawal dari kerja sama Bandung Creative City Forum (BCCF) dan Jendela Ide yang membuat beberapa even.

Kemudian, baru pada Januari, Simpul Institute membuat jadwal rutin yang berkelanjutan. Saat ini, sudah banyak komunitas yang berpartisipasi dalam kelas Simpul Institute.

Mereka merupakan wadah bagi komunitas-komunitas di Bandung untuk berbagi, terutama ilmu dan keahlian, dalam bentuk pelatihan dan kelas-kelas rutin. Simpul Institute sekarang telah menjadi salah satu dari empat program besar BCCF.

Simpul Institute bergerak di bidang edukasi nonformal, dengan menekankan pentingnya kreativitas, active learning, dan berkelanjutan. Tiga hal tersebut memang merupakan basis dari BCCF sendiri, terutama dalam bidang kreativitas.

“Anggap saja anak-anak, kurikulum di sekolah kan kurang menunjang kreativitas. Akhirnya kita berpikir kita harus menambal itu di sini dengan kegiatan yang asyik dan mereka senang,” ujar Kepala Sekolah Simpul Institute, Ira Shintia.

Active learning menjadi salah satu titik berat Simpul Institute karena masyarakat saat ini dituntut untuk aktif dalam belajar. Tidak seperti zaman dulu di mana murid selalu ‘disuapi’ oleh gurunya. Proses belajar ke depannya akan berbentuk komunikasi dua arah.

Fondasi Simpul Institute tidak bisa lepas dari BCCF. Setiap kegiatannya harus mengincar sesuatu yang lebih besar dan berkelanjutan. Misalnya dalam bidang lingkungan, komunitas-komunitas yang berpartisipasi dalam Simpul Institute diminta untuk menjaga lingkungan mulai dari hal kecil seperti mengurangi penggunaan plastik.

“Pergerakan Simpul itu seperti jarum akupuntur, kegiatannya kecil tapi kita buat sebanyak mungkin”, sambung Ira ketika ditemui di sela-sela aktivitasnya di Simpul Space #2.(inilahkoran.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.