Simposium Kebudayaan Indonesia-Malaysia (SKIM) ke-13 Angkat Tema Inovasi dan Kewirausahaan

oleh -3 views
Arrief Ramdhani
Kampus-Unpad-Bandung
Kampus Unpad

UNPAD bekerja sama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) kembali akan menyelenggarakan Simposium Kebudayaan Indonesia – Malaysia (SKIM) pada 12 – 14 November mendatang di Kampus Unpad Jatinangor. Simposium kali ini merupakan simposium yang ke-13 sejak digelar pada 1985 lalu.

Dr. Soni Ahmad Nulhaqim, S.Sos., selaku panitia penyelenggara mengatakan, even 2 tahunan tersebut kali ini bertema “Inovasi dan Kewirausahaan untuk Kemakmuran dan Kedaulatan Bangsa.” Menurutnya, tema ini dipilih sebagai landasan untuk menuju ASEAN Communityyang sekiranya akan direalisasikan pada tahun 2015 mendatang.

“Tema ini dipilih oleh Unpad dan UKM dalam merespons dinamika masalah dan harapan dari hubungan kedua belah pihak dan juga dari dinamika kawasan ASEAN menuju ASEAN Community 2015,” ujar Dr. Soni saat jumpa pers SKIM, Rabu (17/07) sore.

Inovasi dan kewirausahaan, lanjut Dr. Soni, merupakan satu model yang ditawarkan untuk membangun hubungan diplomasi antara Indonesia-Malaysia serta negara ASEAN lainnya. Hal ini diharapkan akan membawa kedewasaan ekonomi setiap negara melalui kerja sama dan jaringan ekonomi antar negara.

Dr. Soni pun menargetkan, SKIM ini akan diikuti oleh sekitar 300 peserta khusunya dari 5 negara di ASEAN yang memiliki rumpun yang sama, Melayu, dan umumnya dari negara anggota ASEAN lainnya. “Kita targetkan 300 peserta, 150 dari Indonesia, dan 150 lagi dari negara-negara di ASEAN. Sasarannya adalah dosen, peneliti, dan mahasiswa,” jelasnya.

Ia pun menambahkan, SKIM ini merupakan seminar internasional terlama, baik di Indonesia maupun di Malaysia, dan masih digelar hingga saat ini. Digelar secara bergilir oleh Unpad dan UKM, awalnya simposium ini hanya terfokus pada bidang Sosiologi dan Antropologi.

Seiring berjalannya waktu, peminat SKIM pun bertambah dan bukan hanya dari kedua bidang kelimuan tersebut. Sehingga dalam perkembangannya SKIM diikuti oleh peserta dari semua bidang ilmu.

SKIM ini akan dibuka secara resmi oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, dan Vice Chancellor of UKM, Prof. Tan Sri Dato’ Sharifah Hapsah Syed Hassan Shahabudin. Ada 2 pembicara utama, yaitu Dr. Sapta Nirwandar, Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang juga Ketua IKA Unpad, dan Y.Bhg. Dato’ Dr. Mohd. Nazlee Kamal, CEO Malaysian Biotechnology Corporation – BiotechCorp, serta simposium pleno oleh para dosen/ peneliti di Unpad dan UKM.

Dr. Soni pun menjelaskan, bagi para mahasiswa dan dosen yang berminat mengikuti SKIM bisa langsung mengirimkan abstrak penelitiannya hingga tanggal 23 Agustus. Adapun output dari simposium ini adalah menghasilkan proceeding dan makalah-makalah yang terekomendasi akan dipublikasikan di jurnal yang terindeks Scopus.

Info lebih lanjut bisa akses di laman https://skim2013.unpad.ac.id/ (unpad.ac.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.