Showcase Nasional USAID PRIORITAS ,Tunjukkan Pentingnya Pendidikan Berkualitas

Thursday 29 October 2015 , 4:27 AM
Derrick Brown (kedua kiri) dan Didik Suhardi (paling kanan) berfoto bersama siswa dan guru SDN 2 Sukasari Ciamis dan SMPN 1 Cilimus Kuningan pada stan pameran Jawa Barat (28/10).(USAID Priortas)

Derrick Brown (kedua kiri) dan Didik Suhardi (paling kanan) berfoto bersama siswa dan guru SDN 2 Sukasari Ciamis dan SMPN 1 Cilimus Kuningan pada stan pameran Jawa Barat (28/10).(USAID Priortas)

JAKARTA – Sekolah, madrasah, lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK), dan daerah mitra dari 8 provinsi mitra USAID PRIORITAS menampilkan beragam praktik yang baik dalam pembelajaran, manajemen berbasis sekolah, budaya baca, pengelolaan guru, serta program pelatihan pra-jabatan dan dalam jabatan di LPTK, dalam acara Showcase Nasional yang diadakan di Gedung A, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (28/10/2015).

Sebanyak 15.300 sekolah/madrasah di 8 provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua, telah menerima pelatihan dan pendampingan untuk guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan pengawas sekolah untuk menerapkan praktik-praktik yang baik dalam pembelajaran, manajemen berbasis sekolah, dan budaya baca. USAID PRIORITAS adalah program bantuan USAID senilai US$ 88,2 juta untuk meningkatkan akses ke pendidikan dasar berkualitas di Indonesia.

“USAID membantu menyediakan akses ke pendidikan berkelas dunia untuk siswa Indonesia di sekolah/madrasah tingkat dasar dan menengah pertama,” kata pelaksana tugas Direktur Misi USAID, Derrick Brown. “Kami harap program ini akan membantu siswa untuk mencapai potensi terbaik dan menempatkan mereka menuju ke arah kesuksesan.”

Menurut Direktur Program USAID PRIORITAS, Stuart Weston, showcase ini menampilkan beragam praktik yang baik dampak pelatihan dan pendampingan sekolah, LPTK, dan daerah mitra USAID PRIORITAS. “Dari kegiatan ini, kami harapkan semakin banyak sekolah, LPTK, dan kabupaten/kota yang mendiseminasikan praktik yang baik program USAID PRIORITAS untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, manajemen berbasis sekolah, budaya baca, perkuliahan di LPTK, serta penataan dan pemerataan guru,” kata Stuart.

Showcase nasional dihadiri dan dibuka oleh Sekretaris jenderal Kemdikbud, Didik Suhardi, menggantikan Mendikbud Anies Baswedan yang berhalangan hadir. Acara ini dihadiri lebih dari 300 peserta dari perwakilan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, rektor LPTK mitra, bupati, kepala dinas pendidikan, mitra pembangunan, serta perwakilan SD/MI dan SMP/MTs dari sembilan provinsi mitra USAID PRIORITAS.

Berbicara pada forum perhelatan nasional ini, Bupati Kuningan Utje Ch. Suganda paparkan kebijakan daerah Kuningan dalam tata kelola pendidikan. Pihaknya telah menerbitkan Perbup penataan dan pemerataan guru (PPG). “Kami ingin semua sekolah memiliki mutu yang relatif sama dengan kualitas guru yang merata. Setiap sekolah adalah sekolah unggulan sehingga tidak ada sekolah yang terlalu menonjol sebagai sekolah favorit sementara sekolah lain tidak dilirik,” ucapnya. Bupati Utje berkomitmen menyebarluaskan program USAID PRIORITAS ke seluruh sekolah menuju Kuningan sebagai kabupaten pendidikan. Dalam kerangka ini pula Kuningan telah menerbitkan Perda penyelenggaraan pendidikan.

 

USAID Prioritizing Reform, Innovation, Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrators, and Students (USAID PRIORITAS) adalah program lima tahun (2012 – 2017) yang didanai United States Agency for International Development (USAID) untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan dasar yang berkualitas di Indonesia. USAID PRIORITAS merupakan bagian dari kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Amerika Serikat. Program ini dilaksanakan di sembilan provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Papua and Papua Barat.[DS/USAID Prioritas]

Bupati Kuningan Ujte Ch. Suganda sampaikan paparan kebijakan daerah bidang pendidikan sejalan dengan program USAID PRIORITAS (28/10).

Bupati Kuningan Ujte Ch. Suganda sampaikan paparan kebijakan daerah bidang pendidikan sejalan dengan program USAID PRIORITAS (28/10).

 

Deni Nurjaman, tim pengembang budaya baca SDN 2 Rajamandalakulon, Bandung Barat, berbagi pengalaman mengembangkan budaya baca (28/10).

Deni Nurjaman, tim pengembang budaya baca SDN 2 Rajamandalakulon, Bandung Barat, berbagi pengalaman mengembangkan budaya baca (28/10).

Comments are closed.