Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Udan Muhdiana

Penulis : Udan Muhdiana
Editor : Asop Ahmad

0

0

Share and Care
index_1673920167

Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan*

Manfaat jeruk nipis sudah terbukti bagi tubuh. Baik untuk kesehatan maupun dalam hal kecantikan. Meskipun memiliki rasa yang asam, kandungan di dalam jeruk nipis memiliki banyak khasiat.

Tidak seperti jeruk biasa yang langsung dimakan. Jeruk nipis lebih banyak dicampur dengan bahan lain dalam mengonsumsinya. Seperti madu, air gula sampai garam.

Jeruk nipis memiliki bentuk yang bulat. Jika dibandingkan dengan jeruk lemon, bentuk jeruk nipis terbilang lebih bulat. Sedangkan jeruk lemon agak lonjong dan ujungnya mencuat.

Jeruk nipis memiliki warna hijau terang yang cantik. Meskipun sudah tidak asing lagi, tetapi banyak masyarakat yang sulit membedakan jeruk nipis dan jeruk lemon. Selain itu, banyak orang yang tidak tau manfaat jeruk nipis yang sangat beragam

Artikel ini akan membahas mengenai manfaat jeruk nipis bagi tubuh. Terdapat 20 manfaat yang didapatkan dari jeruk nipis. Manfaat tersebut meliputi manfaat kesehatan dan manfaat kecantikan.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan imunitas

2. Menyeimbangkan pH

3. Mencegah kanker

4. Mengurangi tekanan darah tinggi

5.Membantu mengobati asam urat

6. Menurunkan kolesterol

7. Menghindari batu ginjal

8. Menurunkan berat badan

9. Menjaga berat badan ideal

10. Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak

11. Memutihkan gigi

12. Meredakan radang tenggorokan

13. Menghilangkan bau badan dan ketiak

14. Menghilangkan panu

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

1 .  Mencerahkan wajah

2 .  Mengencangkan kulit

3 . Menghilangkan dan mengobati jerawat

4 . Menyamarkan flek hitam di wajah

5 . Menghilangkan komedo

6 . Menebalkan rambut dan menghilangkan ketombe

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan imunitas

Jeruk nipis adalah buah yang kaya akan vitamin C. Kandungan di dalam jeruk nipis sangat bernutrisi. Sehingga manfaat jeruk nipis yaitu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam sebuah Jurnal Antioxidants tahun 2018, menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih. Ini bermanfaat untuk membantu melindungi tubuh.

Tubuh akan terlindungi dari berbagai penyakit dan infeksi. Mengonsumsi vitamin C akan membantu manusia untuk mencegah pilek yang parah. Selain itu, dapat mempercepat penyembuhan. Mengonsumsi vitamin C juga dapat mengurangi peradangan.

Jeruk nipis merupakan buah sumber antioksidan. Berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, dapat mempertahankan sel dari kerusakan akibat dari radikal bebas.

2. Menyeimbangkan pH

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah untuk menyeimbangkan pH. Keseimbangan antara asam dan basa yang ada di dalam tubuh. Asam dan basa itu disebut dengan pH.

pH adalah hal yang penting di dalam tubuh, karena merupakan sebuah faktor penentu. Faktor yang menentukan apakah tubuh sedang sehat atau sedang sakit. Ketika kandungan pH tidak seimbang, maka tubuh akan menjadi sakit

Dalam hal inilah jeruk nipis berperan. Jeruk nipis memiliki manfaat untuk menyeimbangkan pH di dalam tubuh. Mengonsumsi jeruk nipis dengan benar akan membuat pH tubuh menjadi seimbang.

3. Mencegah kanker

Manfaat jeruk nipis juga bisa untuk mencegah penyakit kanker. Mengonsumsi jeruk nipis dikatakan dapat melawan pembentukan dari sel kanker. Senyawa flavonoid sudah dikenal dengan kemampuannya dalam menghentikan perkembangan sel kanker dengan mencegah pembelahannya.

Kandungan limonoid di dalam jeruk nipis juga memiliki peran. Perannya adalah sebagai penangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. sehingga dapat menurunkan risiko sebagian jenis kanker. Seperti leukimia, kanker usus besar dan kanker lambung.

4. Mengurangi tekanan darah tinggi

Salah satu kandungan yang ada di dalam jeruk nipis adalah kalium. Jeruk nipis kaya akan kalium yang bermanfaat. Manfaat jeruk nipis ini adalah untuk membantu mengurangi tekanan darah yang tinggi.

5. Membantu mengobati asam urat

Penyakit asam urat juga dapat dibantu melalui jeruk nipis. Di dalam jeruk nipis, terdapat kandungan asam sitrat. Asam sitrat adalah salah satu faktor penting yang berguna untuk masalah asam urat.

Asam sitrat akan melarutkan asam urat secara alami. Tidak perlu menggunakan teknik yang sulit. Cukup minum segelas air jeruk nipis setiap pagi untuk membantu mengobati asam urat.

6. Menurunkan kolesterol

Salah satu kandungan yang ada di dalam jeruk nipis adalah zat hesperidin. Zat ini memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, dapat membantu menurunkan trigliserida yang ada di dalam tubuh.

Kandungan kalium dalam jeruk nipis dapat menurunkan tekanan darah serta meningkatkan sirkulasi darah. Sementara terdapat senyawa di dalam jeruk nipis yang disebut dengan limonin. Senyawa ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol.

Cara Jitu Mengatasi Kolesterol, Cara Mengatasi Dan Mengendalikan Kolesterol

Buku Cara Jitu Mengatasi Kolesterol ini dengan jelas memberikan informasi dan pengetahuan akan kolesterol, sehingga orang yang menderita kolesterol tinggi tidak perlu panik bila mengalaminya. Di dalamnya dikemukakan hal-hal yang berkaitan dengan kolesterol, mulai dari pengertian kolesterol, penyebab-penyebabnya, bahaya kolesterol, sampai pencegahan dan penanganan kolesterol dengan cepat, tepat, dan tuntas. Selain itu, buku ini dilengkapi pula dengan cara-cara untuk menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat secara keseluruhan.

7. Menghindari batu ginjal

Batu ginjal merupakan kristal mineral yang berukuran kecil. Kristal-kristal mineral tersebut berada di dalam ginjal dan menumpuk. Inilah yang menyebabkan timbulnya rasa sakit ketika sedang buang air kecil.

Mineral batu kristal itu dapat terbentuk di dalam ginjal ketika urine sangat pekat. Hal lain yang jadi penyebabnya adalah ketika tubuh memiliki mineral pembentuk batu dengan tingkat yang tinggi di dalam urin. Contohnya adalah kalsium.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1674097822271_1674097744

Share and Care

4 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Di Indonesia, daun pandan seringkali dimanfaatkan sebagai pewarna dan pewangi alami untuk berbagai jenis masakan. Selain itu, daun pandan juga sering dimasukkan ke dalam infused
index_1673920167

Share and Care

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan*Manfaat jeruk nipis sudah terbukti bagi tubuh. Baik untuk kesehatan maupun dalam hal kecantikan. Meskipun memiliki rasa yang asam, kandungan di dalam jeruk nipis mem
1673652663432_1673652540

Share and Care

5 Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan

SIAP BELAJAR.COM - Bengkoang merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Selain rasanya yang nikmat, buah ini juga kaya manfaat. Manfaat bengkoang ini mulai dari melancarkan pence
1672581874916_1672582041

Keluarga

Beragam Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Gula aren yang khas dengan warna cokelat gelap dan rasa manis yang pekat. Berbeda dengan jenis gula lainnya yang terbuat dari tebu, gula aren terbuat dari nira atau cairan sari pati
1669094597266_1669094581

Share and Care

5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Green tea atau teh hijau masih digemari banyak orang sampai saat ini. Bukan hanya diolah menjadi minuman, jenis teh tersebut juga digunakan untuk membuat berbagai macam camilan, s