5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Neli Krismawati

Penulis : Neli Krismawati
Editor : Asop Ahmad

0

0

Share and Care
1669094597266_1669094581

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Green tea atau teh hijau masih digemari banyak orang sampai saat ini. Bukan hanya diolah menjadi minuman, jenis teh tersebut juga digunakan untuk membuat berbagai macam camilan, seperti kue cubit green tea, bolu green tea dan berbagai makanan lain bernuansa teh hijau.

Teh hijau berasal dari daun tumbuhan Camellia sinensis. Minuman ini digunakan dalam pengobatan Jepang dan China selama berabad-abad lamanya. Proses pengolahan teh hijau lebih singkat dibandingkan jenis teh lainnya, seperti matcha maupun teh hitam, sehingga kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya masih terjaga.

Kandungan Nutrisi Teh Hijau

Di dalam 100 gram teh hijau, terkandung beragam nutrisi sebagai berikut:

1. 1 kkal energi

2. 0,2 gram protein

3. 1 miligram magnesium

4. 8 miligram kalium

5. 12 miligram kafein

Selain itu, teh hijau juga mengandung antioksidan, antiradang dan antikanker yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Minuman ini juga baik dikonsumsi oleh balita dan anak-anak ketika mereka bosan minum air putih.

Berikut ini merupakan 5 manfaat teh hijau untuk kesehatan:

1. Mengobati Insomnia

Sahabat siapbelajar, teh hijau bisa membantu kalian untuk lebih mudah tidur, karena teh hijau mengandung theanin yang memberikan efek relaksasi pada tubuh. Untuk mendapatkan manfaat teh hijau tersebut, pastikan tidak menyeduh teh dengan air mendidih.

2. Menurunkan Kolesterol

Gemar mengonsumsi makanan cepat saji, gorengan dan minuman bersoda dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Kolesterol yang tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke menyerang. Dengan minum teh hijau setiap hari, bisa membantu menjaga kadar kolesterol tetap seimbang.

3. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia. Sebuah riset menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL).

Selain itu, teh hijau juga mengandung asam fenolik yang dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

4. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Polifenol merupakan salah satu antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau. Senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti kanker kulit, kanker paru-paru, kanker lambung dan kanker payudara.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut dan menyeluruh untuk memastikan efektivitas teh hijau dalam mencegah kanker.

5. Menurunkan Berat Badan

Sebuah uji klinis menunjukkan bahwa teh hijau bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak, terutama lemak di bagian perut. Namun, manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan ini tidak berlaku pada orang dewasa yang mengalami obesitas.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1674097822271_1674097744

Share and Care

4 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Di Indonesia, daun pandan seringkali dimanfaatkan sebagai pewarna dan pewangi alami untuk berbagai jenis masakan. Selain itu, daun pandan juga sering dimasukkan ke dalam infused
index_1673920167

Share and Care

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan*Manfaat jeruk nipis sudah terbukti bagi tubuh. Baik untuk kesehatan maupun dalam hal kecantikan. Meskipun memiliki rasa yang asam, kandungan di dalam jeruk nipis mem
1673652663432_1673652540

Share and Care

5 Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan

SIAP BELAJAR.COM - Bengkoang merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Selain rasanya yang nikmat, buah ini juga kaya manfaat. Manfaat bengkoang ini mulai dari melancarkan pence
1672581874916_1672582041

Keluarga

Beragam Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Gula aren yang khas dengan warna cokelat gelap dan rasa manis yang pekat. Berbeda dengan jenis gula lainnya yang terbuat dari tebu, gula aren terbuat dari nira atau cairan sari pati
1669094597266_1669094581

Share and Care

5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Green tea atau teh hijau masih digemari banyak orang sampai saat ini. Bukan hanya diolah menjadi minuman, jenis teh tersebut juga digunakan untuk membuat berbagai macam camilan, s