8 Manfaat Wortel Bagi Mata dan Tubuh

Udan Muhdiana

Penulis : Udan Muhdiana
Editor : Asop Ahmad

0

0

Share and Care
tanaman-wortel_1668486337

Foto Manfaat wortel bagi Kesehatan Mata dan Tubuh

SIAPBELAJAR.COM - Ada sejumlah manfaat wortel untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Wortel kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Nah, manfaat wortel yang paling dikenal adalah bagus untuk kesehatan mata.

Berikut 8 manfaat wortel untuk kesehatan

1. Bagus untuk penglihatan

Salah satu manfaat wortel adalah bagus untuk penglihatan. Salah satu vitamin wortel adalah vitamin A.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan xerophthalmia, penyakit mata yang progresif.  Xerophthalmia dapat menyebabkan rabun senja atau kesulitan melihat saat tingkat cahaya rendah.

Selain itu, kekurangan vitamin A adalah salah satu penyebab utama kebutaan yang dapat dicegah pada anak-anak.

Wortel juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, dan kombinasi keduanya dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia, yakni sejenis penyakit yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

2. Mencegah kanker

Selanjutnya, manfaat dari wortel adalah dapat membantu mencegah kanker. Terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker, menurut National Cancer Institute.

Efek antioksidan dari karotenoid makanan, pigmen organik kuning, oranye, dan merah yang ada dalam wortel dan sayuran lainnya dapat mengurangi risiko ini. Lutein dan zeaxanthin adalah dua contoh karotenoid ini.

Ada beberapa jenis kanker yang dapat dicegah dengan memakan makanan kaya karatenoid. Di antaranya adalah kanker prostat, leukimia, kanker usus besar, dan kanker paru-paru. 

3. Menjaga kesehatan pencernaan 

Kemudian, manfaat wortel yakni dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Wortel berukuran sedang mengandung 1,7 g serat, atau antara 5% dan 7,6% dari kebutuhan harian seseorang, bergantung pada usia dan jenis kelamin. 

Makanan berserat tinggi dapat meningkatkan kesehatan usus, sehingga wortel bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

4. Pengendalian diabetes

Nah, salah satu manfaat  dari wortel adalah dapat membantu mengatasi diabetes. Sebab, wortel memiliki rasa yang manis dan mengandung gula alami.

Wortel adalah makanan rendah kalori dan berserat tinggi yang relatif rendah gula.  Untuk alasan ini, skornya rendah pada indeks glikemik (GI).

Indeks ini dapat membantu penderita diabetes memahami makanan mana yang cenderung meningkatkan kadar gula darah mereka. Wortel rebus memiliki skor GI sekitar 39.

Artinya, wortel tidak mungkin memicu lonjakan gula darah dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

5. Menjaga tekanan darah dan kesehatan kardiovaskular

Kemudian, manfaat wortel yakni dapat membantu menjaga tekanan darah dan kesehatan kardiovaskular.

Serat dan potasium dalam wortel dapat membantu mengatur tekanan darah. The American Heart Association (AHA) mendorong orang untuk menambahkan lebih sedikit garam, atau natrium, ke makanan, sambil makan lebih banyak makanan yang mengandung kalium, seperti wortel.

Kalium membantu mengendurkan pembuluh darah, mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan masalah kardiovaskular lainnya.Satu wortel berukuran sedang menyediakan sekitar 4% kebutuhan kalium harian seseorang.

6. Membantu fungsi kekebalan dan penyembuhan  

Manfaat wortel juga dapat membantu fungsi kekebalan tubuh dan penyembuhan terhadap penyakit. Antioksidan lain yang dikandung wortel adalah vitamin C. Vitamin C berkontribusi pada produksi kolagen.

Kolagen adalah komponen kunci dari jaringan ikat dan penting untuk penyembuhan luka dan menjaga kesehatan tubuh. Vitamin juga ada dalam sel kekebalan, yang membantu tubuh melawan penyakit.

Sistem kekebalan yang sehat dapat mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker. Beberapa ahli percaya bahwa mengonsumsi vitamin C tambahan dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan ketika sedang stres. Mengonsumsi vitamin C mungkin, misalnya, membantu mengurangi keparahan dan durasi pilek. 

 7. Bagus untuk kesehatan tulang

Selanjutnya, manfaat wortel juga bagus untuk kesehatan tulang. Sebab, wortel mengandung vitamin K, kalsium, dan fosfor.

Semua ini berkontribusi pada kesehatan tulang dan dapat membantu mencegah osteoporosis. Selain itu, pola makan yang seimbang dapat membantu menjaga kesehatan tulang.  

8. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat wortel juga bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit.  Wortel mengandung silikon yang bisa meningkatkan kesehatan kulit dan kuku.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi wortel secara langsung.  Demikian penjelasan mengenai manfaat wortel. 

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

tanaman-wortel_1668486337

Share and Care

8 Manfaat Wortel Bagi Mata dan Tubuh

SIAPBELAJAR.COM - Ada sejumlah manfaat wortel untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Wortel kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Nah, manfaat wortel yang paling dikenal adalah bagus untuk kesehata
1665497052980_1665497064

Keluarga

Bahaya Gas Air Mata untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Gas air mata biasanya digunakan untuk mengendalikan kerusuhan atau membubarkan massa, misalnya saat demonstrasi. Jika Anda tidak sengaja terkena gas air mata, penting untuk mengetahu
1665316938287_1665317006

Trending

Dokter RSA UGM Ungkap Bahaya Paparan Gas Air Mata Bagi Tubuh

SIAPBELAJAR.COM- Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang yang menelan korban ratusan orang mengundang perhatian banyak pihak, baik dalam dan luar negeri. Dan pemicu banyaknya suporter yang meninggal dunia a
1664755767092_1664755784

Keluarga

5 Obyek Wisata Jepang Ini Punya Lanskap Terindah

SIAPBELAJAR.COM - Pemerintah Jepang akhirnya membebaskan visa untuk turis individu mancanegara mulai 11 Oktober 2022. Negeri Sakura tersebut juga akan menghapus banyak aturan pembatasan dan kem
1660826959799_1660827005

Trending

Pecahan Uang Baru di HUT RI ke 77

SIAPBELAJAR.COM - Bank Indonesia (BI) meluncurkan 7 pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 pada Kamis (18/8/2022). Adapun pecahan uang rupiah baru tahun emisi 2022 ini terdiri atas pecahan Rp 100