4 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

Neli Krismawati

Penulis : Neli Krismawati
Editor : Asop Ahmad

0

0

Share and Care
1666513434048_1666513444

Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Keputusan untuk menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan atau bahkan beberapa nyawa sekaligus.

Tidak hanya menguntungkan penerima donor, sebagai pendonor kalian juga bisa mendapatkan manfaat donor darah bagi kesehatan sendiri. Berikut ini merupakan manfaat donor darah untuk kesehatan:

1. Mendeteksi Penyakit Serius

Proses donor darah tentunya harus melalui beberapa prosedur. Tiap kali seseorang ingin mendonorkan darahnya, prosedur standarnya yaitu pemferiksaan darah untuk mendeteksi penyakit serius. Misalnya seperti HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C hingga malaria.

Hal tersebut penting dilakukan demi mengantisipasi adanya penularan penyakit melalui transfusi darah. Prosedur ini juga menjadi lampu kuning bagi pendonor agar lebih memperhatikan kondisi kesehatannya sendiri.

2. Meningkatkan Produksi Sel Darah

Manfaat donor darah juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Hal tersebut karena ketika melakukan donor darah, sel darah memang akan berkurang, namun sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang.

Proses ini akan memakan waktu hingga beberapa minggu. Dengan kata lain, seseorang yang mendonorkan darahnya secara teratur, tubuhnya akan menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Donor darah juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Rajin mendonorkan darah kira-kira mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88%.

Tidak hanya itu saja, mendonorkan darah juga dapat meminimalkan risiko kanker, stroke dan serangan jantung. Menariknya lagi, manfaat donor darah juga bisa membuat kadar zat besi dalam darah menjadi stabil.

4. Membantu Lebih Sehat Secara Psikologis dan Panjang Umur

Sebuah penelitian dalam bidang psikologi menunjukkan bahwa orang yang mendonorkan darahnya dengan tujuan menolong orang lain memiliki risiko kematian yang lebih rendah.

Hasil tersebut dibandingkan dengan mereka yang melakukan donor darah untuk kepentingan sendiri atau bahkan tidak mendonorkan darahnya sama sekali.

Manfaat donor darah yang tidak kalah penting adalah fakta bahwa menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1674097822271_1674097744

Share and Care

4 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Di Indonesia, daun pandan seringkali dimanfaatkan sebagai pewarna dan pewangi alami untuk berbagai jenis masakan. Selain itu, daun pandan juga sering dimasukkan ke dalam infused
index_1673920167

Share and Care

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan*Manfaat jeruk nipis sudah terbukti bagi tubuh. Baik untuk kesehatan maupun dalam hal kecantikan. Meskipun memiliki rasa yang asam, kandungan di dalam jeruk nipis mem
1673652663432_1673652540

Share and Care

5 Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan

SIAP BELAJAR.COM - Bengkoang merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Selain rasanya yang nikmat, buah ini juga kaya manfaat. Manfaat bengkoang ini mulai dari melancarkan pence
1672581874916_1672582041

Keluarga

Beragam Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Gula aren yang khas dengan warna cokelat gelap dan rasa manis yang pekat. Berbeda dengan jenis gula lainnya yang terbuat dari tebu, gula aren terbuat dari nira atau cairan sari pati
1669094597266_1669094581

Share and Care

5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Green tea atau teh hijau masih digemari banyak orang sampai saat ini. Bukan hanya diolah menjadi minuman, jenis teh tersebut juga digunakan untuk membuat berbagai macam camilan, s