6 Menu Ini Baik Dikonsumsi Saat Sarapan

Udan Muhdiana

Penulis : Udan Muhdiana
Editor : Asop Ahmad

0

0

Share and Care
1666325264124_1666325358

Ilistrasi: Roti dengan padian buah sehar kiat kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Sebelum beraktivitas di pagi hari, tentu kita perlu sarapan. Namun, jangan asal pilih menu sarapan pagi karena ternyata bisa memengaruhi mood kita dalam menjalani kegiatan sepanjang hari, lho.

Tidak melulu harus makanan berat, kamu juga bisa memilih makanan yang ringan dan sehat. Apalagi, makanan sehat juga bisa menambah daya imun dan melindungi diri dari berbagai penyakit.

Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Menu Sarapan Pagi Sehat dan Lezat

1. Oatmeal dengan Buah-Buahan

2. Roti Panggang

3. Salad Buah

4. Sandwich Roti Gandum

5. Telur

6. Seral

Sarapan pagi setiap hari ternyata juga memberikan banyak keuntungan buat kesehatan tubuh. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan, seperti berikut ini.

1. Meningkatkan konsentrasi

Sarapan yang sehat dapat memberikan energi bagi otak. Jadinya, kamu pun bisa tetap fokus dan berpikir lebih cepat saat sedang beraktivitas.

2. Mencegah asam lambung naik

Tidak menyantap sarapan yang bergizi, ternyata bisa membuat asam pada lambung menjadi naik dan tidak terkontrol.

Untuk itulah, pastikan kamu menyantap sarapan bergizi, seperti makanan dengan kadar gula rendah dan kaya serat, yang banyak terkandung dalam buah-buahan dan sayuran. 

3. Menjaga berat badan

Untuk kamu yang sedang diet, bukan berarti kamu harus melewatkan sarapan, loh. Bila melewatkan sarapan, justru dapat membuat kita mudah merasa lapar dan meningkatkan nafsu makan di siang harinya.

Lebih baik pilih menu sarapan yang rendah kalori dan tinggi serat untuk membantu proses diet.

Sekarang, kamu sudah mengetahui betapa pentingnya sarapan sehat untuk kondisi fisik dan psikis tubuh kamu.

Nah, permasalahannya adalah makanan sehat selalu identik dengan sayur-sayuran dan buah-buahan. Hal ini bisa saja membuat kita menjadi bosan dan tidak tertarik untuk mengonsumsi sajian sehat tersebut. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi karena kami punya rekomendasi menu sarapan pagi yang lezat, seperti di bawah ini.

Menu Sarapan Pagi Sehat dan Lezat

Berikut beberapa rekomendasi varian menu sarapan sehat yang bisa kamu buat di pagi hari dengan mudah. Simak, yuk.

1. Oatmeal dengan Buah-Buahan

Apakah kamu penggemar oatmeal? Jika ya, maka menu ini bisa jadi sarapan andalan kamu. 

Oatmeal berasal dari biji gandum yang telah digiling. Umumnya, oatmeal memiliki serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan.

Sebagai menu sarapan, kamu bisa mencampurkan oatmeal dengan buah-buahan seperti strawberry dan kismis, untuk menambah nutrisi.

2. Roti Panggang

Roti panggang merupakan menu sarapan yang dapat kamu buat dengan mudah. Apalagi, ada berbagai resep roti panggang yang bisa kamu buat sesuai dengan selera, mulai dari menggunakan selai hingga isian telur.

3. Salad Buah

Untuk membuat salad buah, kamu hanya perlu menyiapkan buah-buahan dengan tambahan yogurt dan madu. 

Kamu bisa menggunakan buah segar, seperti anggur, kiwi, buah naga, dan jeruk. Tentu, sarapan satu ini kaya akan vitamin dan mineral, yang baik untuk kesehatan tubuh.

4. Sandwich Roti Gandum

Sandiwch roti gandum juga cocok buat kamu yang ingin diet dan tetap sehat. Selain memiliki nilai gizi yang lengkap, sandwich roti gandum memiliki asupan kalori yang cukup rendah, lho. 

Kamu bisa memanggang sandwich dengan menggunakan toaster untuk menambah cita rasa dari menu satu ini. Nah, kami punya rekomendasitoaster yang bisa kamu gunakan, seperti berikut ini.

5. Telur

Telur memiliki kandungan protein tinggi yang bisa membentuk antibodi tubuh. Selain harganya yang murah, telur juga dapat dengan mudah kamu variasikan sebagai menu sarapan kamu, baik itu direbus, orak arik, ataupun kamu jadikan omelette.

6. Sereal

Sereal merupakan salah satu makanan berbahan dasar gandum. Kamu bisa menyantap sereal dengan susu dan yogurt sesuai selera. Selain lezat, sereal bisa menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Jadi, dari menu-menu sarapan diatas, mana yang menjadi favorit kamu? Nah, untuk memudahkan kamu dalam membuat menu sarapan yang sehat, kamu bisa menggunakan peralatan memanggang dan memasak dari siapbelajar.com, lho, Ruppers!

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1666325264124_1666325358

Share and Care

6 Menu Ini Baik Dikonsumsi Saat Sarapan

SIAPBELAJAR.COM - Sebelum beraktivitas di pagi hari, tentu kita perlu sarapan. Namun, jangan asal pilih menu sarapan pagi karena ternyata bisa memengaruhi mood kita dalam menjalani kegiatan sepanjang
1661069907952_1661070058

Share and Care

4 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Manfaat susu kambing memang tidak bisa dipisahkan dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Jika dibandingkan dengan susu sapi atau nabati, susu kambing memiliki kandungan nutrisi
1660172851736_1660173074

Keluarga

Manfaat Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil

SIAPBELAJAR.COM - Manfaat susu kedelai bagi ibu hamil tidaklah sedikit. Selain rasanya yang nikmat, susu kedelai memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Namun, jika dikon
1660011517386_1660011530

Share and Care

4 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dan Kecantikan

SIAPBELAJAR.COM - Banyak orang yang mengonsumsi susu sapi untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan nutrisi lainnya setiap hari. Selain susu sapi, ternyata sahabat siapbelajar juga bisa m
1656310478940_1656310913

Keluarga

Susu Kambing sebagai Pengganti ASI

SIAPBELAJAR.COM - Susu kambing merupakan minuman paling lengkap. Susu Kambing mengandung vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemakyang mudah dimanfaatkan tubuh, dan s