5 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Neli Krismawati

Penulis : Neli Krismawati
Editor : Asop Ahmad

0

0

Share and Care
1664078694631_1664078698

Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

SIAPBELAJAR.COM - Setiap makanan yang dikonsumsi selama menyusui dapat memengaruhi nutrisi dalam air susu ibu atau ASI . Beragam nutrisi tersebut baik untuk membantu proses tumbuh kembang buah hati serta meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Walaupun kandungan ASI pasti berkualitas, namun busui tetap wajib mengonsumsi makanan yang baik dan bergizi seimbang, karena saat mengonsumsi makanan yang bergizi, maka makanan tersebut berfungsi untuk menggantikan nutrisi yang hilang dari tubuh saat menyusui.

Banyak ibu menyusui yang mudah lapar sehingga lebih memilih makanan yang tinggi gula dan tinggi lemak. Padahal, makanan tersebut justru membuat busui lebih mudah lapar di waktu makan berikutnya. Selain itu, makanan tinggi gula dan tinggi lemak berisiko menyebabkan obesitas dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Berikut ini 5 jenis makanan sehat yang dapat dipilih oleh ibu menyusui:

1. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak kaya akan protein, vitamin B12 dan zat besi yang diketahui penting bagi ibu menyusui dan bayi. Zat besi dapat mencegah anemia pada ibu menyusui, sedangkan vitamin B12 dan protein baik untuk medukung pertumbuhan otot, tulang dan saraf bayi.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti bayam dan brokoli memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk bayi dan ibu menyusui. Nutrisi yang terkandung di dalam sayuran hijau meliputi kalsium, vitamin A dan vitamin C.

Kalsium baik untuk mendukung pertumbuhan tulang bayi, sedangkan vitamin A dan vitamin C berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, sayuran hijau juga memiliki zat fitoestrogen yang dapat meningkatkan produksi ASI.

3. Telur

Sebagai salah satu sumber protein tinggi, telur menjadi pilihan yang mudah untuk dikonsumsi selama masa menyusui. Telur dapat dikonsumsi baik dengan cara direbus atau dibuat menjadi telur orak-arik sebagai menu sarapan

Tidak hanya itu saja, telur juga kaya akan omega-3, salah satu asam lemak esensial yang bermanfaat untuk memperkaya nutrisi dalam ASI serta mendukung tumbuh kembang bayi, terutama pada perkembangan otak dan sistem sarafnya.

4. Susu

Susu merupakan salah satu sumber kalsium dan protein yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui. Selain menjadi sumber kalsium, susu juga mengandung vitamin D, protein dan vitamin B. Manfaat susu juga tetap bisa diperoleh dari produk turunannya, seperti keju atau yoghurt. 

5. Kurma

Kurma merupakan salah satu camilan manis yang dipercaya dapat memicu peningkatan hormon prolaktin, yaitu hormon untuk mendorong produksi ASI. Selain itu, kurma juga kaya akan kalsium dan serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Namun, karena kadar gulanya yang cukup tinggi, sebaiknya hanya mengonsumsi tiga buah dalam sehari. 

Selain kurma, busui juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan sebagai salah satu makanan dengan sumber kalsium yang baik, seperti almond.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1669094597266_1669094581

Share and Care

5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Green tea atau teh hijau masih digemari banyak orang sampai saat ini. Bukan hanya diolah menjadi minuman, jenis teh tersebut juga digunakan untuk membuat berbagai macam camilan, s
1667883223354_1667883235

Trending

Lonjakan Kasus Flu di Amerika Serikat

SIAPBELAJAR.COM - Penerimaan pasien di rumah sakit influenza Amerika Serikat telah mencapai tingkat tertinggi dalam satu dekade karena tingkat vaksinasi yang menurun.Para pejabat Amerika Serikat me
1666513434048_1666513444

Share and Care

4 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Keputusan untuk menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan atau bahkan beberapa
1666250577241_1666250594

Trending

Waspada! Gangguan Ginjal Akut pada Anak Meningkat

Siap Belajar - Sejak akhir Agustus 2022, Kementerian Kesehatan dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah menerima laporan peningkatan kasus Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal/Acute Kidney
1666153647129_1666153656

Trending

Kematian Pertama Akibat Wabah Ebola Tercatat di Uganda

SIAPBELAJAR.COM - Kementerian Kesehatan telah mengkonfirmasi bahwa seorang pasien Ebola telah meninggal di sebuah rumah sakit di ibukota Uganda.Dia adalah korban ke-19 dalam wabah virus mematikan s