5 Manfaat Buah Raspberry untuk Kesehatan

Neli Krismawati

Penulis : Neli Krismawati
Editor : Danang Hamid

0

0

Share and Care
1663900738825_1663900745

Manfaat Buah Raspberry untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Raspberry atau dalam bahasa Indonesia disebut buah frambos merupakan salah satu jenis buah beri yang memiliki beragam varietas. Buah raspberry ada yang berwarna hitam, ungu, kuning dan merah.

Namun, buah raspberry merah (Rubus idaeus) merupakan jenis raspberry yang paling populer dan banyak dikonsumsi.

Kandungan Nutrisi Buah Raspberry

Raspberry merupakan buah yang rendah kalori, namun padat nutrisi. Di dalam 100 gram raspberry hanya terdapat sekitar 50 kalori. Selain itu, buah raspberry juga banyak mengandung nutrisi, diantaranya adalah:

1. 6,5 gram serat

2. 12 gram karbohidrat 

3. 0,8 gram lemak

4. 1,2 gram protein

5. 25 miligram kalsium

6. 0,4 miligram zinc

7. 150 miligram kalium

8. 30 IU vitamin A

9. 25 miligram vitamin C 

10. 0,9 miligram vitamin E

11. 8 miligram vitamin K

Buah raspberry juga mengandung folat, vitamin B, fosfor, zat besi, mangan, lutein dan selenium. Raspberry juga kaya akan aneka antioksidan, seperti polifenol, antosianin, quercetin dan asam fenolat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam buah raspverry membuat buah ini memberikan beragam manfaat untuk kesehatan.  Berikut ini 5 manfaat buah raspberry untuk kesehatan:

1. Memelihara Fungsi Otak

Semakin bertambahnya usia, fungsi dan kinerja otak bisa mengalami penurunan. Hal ini bisa semakin cepat terjadi atau semakin parah pada orang yang sering terpapar radikal bebas.

Sahabat siapbelajar, ntuk mencegah hal tersebut, kalian perlu mencukupi asupan antioksidan setiap harinya. Salah satu sumber antioksidan yang baik adalah buah raspberry.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada raspberry diketahui baik untuk memelihara kesehatan otak, meningkatkan memori dan mengurangi risiko terjadinya gangguan fungsi otak, seperti pikun atau demensia, penyakit Alzeimer dan penyakit Parkinson.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Raspberry merupakan sumber serat yang baik. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dapat melancarkan pencernaan sekaligus menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di dalam usus. Selain itu, tercukupinya asupan serat juga bisa mengurangi risiko terkena gangguan pencernaan, seperti sembelit.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Mengonsumsi buah raspberry dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah . Buah raspberry memiliki kadar indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak akan menaikkan gula darah secara drastis ketika dikonsumsi. Dengan gula darah yang terkontrol, kalian akan terhindar dari resistensi insulin dan diabetes.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat tentu menjadi idaman banyak orang. Untuk mewujudkannya, kalian bisa rutin mengonsumsi raspberry. Buah ini merupakan buah yang kaya akan antioksidan dan nutrisi, seperti vitamin A dan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit.

Kandungan nutrisi dan beragam senyawa pada raspberry juga baik untuk mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Berkat kandungan vitamin C yang cukup tinggi, buah ini baik dikonsumsi untuk mendukung produksi kolagen.

5. Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan serat dan antioksidan yang cukup tinggi pada buah raspberry menjadikan buah ini sebagai salah satu buah yang baik untuk jantung.

Riset menunjukkan bahwa tercukupinya asupan serat dapat membantu untuk mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL). Hal ini baik untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1669094597266_1669094581

Share and Care

5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Green tea atau teh hijau masih digemari banyak orang sampai saat ini. Bukan hanya diolah menjadi minuman, jenis teh tersebut juga digunakan untuk membuat berbagai macam camilan, s
1667883223354_1667883235

Trending

Lonjakan Kasus Flu di Amerika Serikat

SIAPBELAJAR.COM - Penerimaan pasien di rumah sakit influenza Amerika Serikat telah mencapai tingkat tertinggi dalam satu dekade karena tingkat vaksinasi yang menurun.Para pejabat Amerika Serikat me
1666513434048_1666513444

Share and Care

4 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Keputusan untuk menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan atau bahkan beberapa
1666250577241_1666250594

Trending

Waspada! Gangguan Ginjal Akut pada Anak Meningkat

Siap Belajar - Sejak akhir Agustus 2022, Kementerian Kesehatan dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah menerima laporan peningkatan kasus Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal/Acute Kidney
1666153647129_1666153656

Trending

Kematian Pertama Akibat Wabah Ebola Tercatat di Uganda

SIAPBELAJAR.COM - Kementerian Kesehatan telah mengkonfirmasi bahwa seorang pasien Ebola telah meninggal di sebuah rumah sakit di ibukota Uganda.Dia adalah korban ke-19 dalam wabah virus mematikan s