Astra Dukung Revitalisasi Teras Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB

Danang Hamid

Penulis : Danang Hamid
Editor : Danang Hamid

0

0

Share and Care
1663328801146_1663329063

Peresmian dimulainya pembangunan teras FTMD

SIAPBELAJAR.COM - Dalam upaya meningkatkan kualitas talenta pemuda di institusi pendidikan dalam negeri, Astra dukung revitalisasi prasarana teras Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) Institut Teknologi Bandung (ITB) pada hari ini, Jumat (16/9) dengan memanfaatkan energi terbarukan.  

Dalam peresmian dimulainya pembangunan teras FTMD, turut hadir Sekretaris Institut ITB Prof. Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo, Dekan FTMD ITB Prof. Dr. Ir. Tatacipta Dirgantara, Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah. 

“Bentuk dukungan terhadap FTMD ITB merupakan salah satu wujud nyata Astra dalam mendorong kualitas dunia pendidikan di Indonesia. Salah satu harapan kita adalah semoga kontribusi Astra dapat berguna untuk para dosen dan mahasiswa serta mendorong kolaborasi antara dunia pendidikan dengan dunia industri untuk mendukung Link & Match. Sehingga bermanfaat buat semua pihak,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah dalam keterangan tertulis yang diterima siapbelajar.com.  

Area teras sebelumnya merupakan kolam mesin yang menjadi tempat tumbuhnya rasa kebersamaan para mahasiswa FTMD. Dalam rangka mempertahankan hal tersebut, revitalisasi teras FTMD turut melibatkan para alumnus ITB untuk merealisasikan konsep Solidaritas 6.0, yang mengutamakan rasa gotong royong.  

Teras FTMD yang akan dirancang dengan arsitektur kinetik dan memanfaatkan energi terbarukan seperti penggunaan panel surya, merupakan bentuk perhatian terhadap isu lingkungan yang menjadi tantangan saat ini.            

Untuk membangun rasa solidaritas dalam mewujudkan teras FTMD ITB, terdapat rangkaian solidarity challenge berupa virtual run dengan jarak tempuh 70.000 KM yang nantinya akan dikonversikan menjadi dana bantuan. Periode pelaksanaan mulai dari November 2022 hingga April 2023. 

Sebelumnya, Astra telah menyerahkan bantuan berupa hibah pembangunan fasilitas pendidikan Gedung Science and Techno Park (STP) ITB sebagai menjadi tempat bertemunya para peneliti, inovator, dan industri untuk menghasilkan inovasi.  

Berbagai kontribusi Astra di bidang pendidikan di Indonesia sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia.

Tentang Astra

Astra adalah salah satu perusahaan publik terbesar di Indonesia, yang terdiri dari 240 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh lebih dari 190.000 karyawan.

Model bisnis perusahaan yang terdiversifikasi menciptakan sinergi dan peluang di seluruh sektor industri termasuk Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi, dan Properti.

Astra mempunyai kerangka sustainability baru yang di dalamnya terdapat Astra 2030 Sustainability Aspirations untuk memandu perjalanan transisi Grup Astra dalam menjadi perusahaan yang lebih sustainable pada tahun 2030 dan seterusnya.

Astra berkeinginan untuk berkontribusi dalam memperkuat ketahanan perekonomian Indonesia yang mendukung masyarakat yang inklusif dan sejahtera. 

Astra memiliki rekam jejak kontribusi publik dan sosial yang baik melalui empat pilar, yang terdiri dari kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan serta sembilan yayasan yang turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia sekaligus mendukung masyarakat yang inklusif dan sejahtera.

Dilaksanakan pertama kali pada tahun 2010, program Astra Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards, telah mengapresiasi 493 pemuda Indonesia dari masing-masing bidang, terdiri dari 81 penerima tingkat nasional dan 412 penerima tingkat provinsi.

Program SATU Indonesia Awards dikolaborasikan dengan berbagai kegiatan komunitas Astra melalui 170 Kampung Berseri Astra dan 1.060 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia. 

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1663328801146_1663329063

Share and Care

Astra Dukung Revitalisasi Teras Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB

SIAPBELAJAR.COM - Dalam upaya meningkatkan kualitas talenta pemuda di institusi pendidikan dalam negeri, Astra dukung revitalisasi prasarana teras Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) Institut
1661211621791_1661211722

Saintek

Inilah Pemenang Astranauts 2022, Kompetisi Inovasi Digital dan Teknologi untuk Mahasiswa & Startup

SIAPBELAJAR.COM - Selama 65 tahun berkiprah di Indonesia, inovasi menjadi budaya yang melekat dalam setiap langkah perjalanan bisnis Astra. Pada Senin (22/8), Astra melalui Astranauts memberikan apres
1659740517522_1659740601

Ekonomi

Wow! Ada Claw Machine di Stasiun MRT Setiabudi Astra, Jakarta.

SIAPBELAJAR.COM - Mewarnai rangkaian perjalanan perayaan HUT ke-65 Astra, kolaborasi bersama dengan Arkiv menjadi sebuah karya yang ditunggu-tunggu. Beragam ekspresi yang menggambarkan perasaan senan
1659629073483_1659629169

Share and Care

Pantur Silaban Fisikawan Pertama Asia Tenggara

SIAPBELAJAR.COM- Jika Jerman memiliki fisikawan jenius Albert Einstein, maka Indonesia memiliki fisikawan bernama Prof. Pantur Silaban.Prof Pantur Silaban, ia menjadi Guru Besar Fisika Teoritis di Ins
1659571663043_1659571815

Ekonomi

Es Gak Beres, Wirausaha Muda Kreatif & Inspiratif

SIAPBELAJAR.COM -  Adalah Yudi Efrinaldi, perintis Es Gak Beres yang Sangat Beres di Kabupaten Asahan Sumatra Utara. Ia mengawali usahanya dengan berjualan menggunakan gerobak kecil di pinggir ja