6 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Udan Muhdiana

Penulis : Udan Muhdiana
Editor : Asop Ahmad

0

0

Share and Care
1663031188697_1663031275

Gambar : Tomat Segar

SIAPBELAJAR.COM - Tomat menjadi salah satu makanan yang digemari. Terlepas dari penyebutan apakah tomat merupakan kelompok buah atau sayur, yang pasti tomat memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Di dalam 100 gram tomat terdapat beberapa nutrisi seperti 93 gram air, 24 kalori energi, 2 gram protein, 0,7 lemak, 3,3 gram karbohidrat, 1,8 gram serat, 5 mg kalsium, 27 gram fosfor, dan nutrisi serta vitamin lainnya.

Kandungan tersebut yang membuat buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan hingga untuk kecantikan wajah. Manfaat Tomat untuk Kesehatan Menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, mengatur  asupan makanan dengan baik. Banyak buah dan sayur yang kaya vitamin untuk kesehatan, seperti tomat.

Beberapa manfaat tomat untuk kesehatan sebagai berikut: 

1. Baik untuk Kesehatan Jantung Jantung memiliki banyak fungsi, sehingga kesehatannya harus selalu dijaga agar tidak menggangu organ tubuh lainnya. Tomat memiliki kandungan likopen dan betakaroten yang bisa mengurangi risiko serangan jantung.

Selain itu, kandungan likopen berfungsi untuk menurunkan kolestrol yang menjadi salah satu faktor penyebab penyakit di organ vital ini. 

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker Untuk sembuh total dari kanker, perlu serangkaian pengobatan yang cukup rumit dan panjang. Maka dari itu, kita harus selalu menjaga diri agar terhindar dari penyakit ini, seperti dalam pola makan.

Mengkonsumsi makanan sehat seperti tomat bisa mengurangi risiko penyakit kanker. Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalam tomat bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Tidak hanya itu, beta karoten di dalam buah bermanfaat untuk mencegah tumor pada pasien kanker. Sementara likopen bermanfaat untuk mencegah kanker prostat. 

3. Mencegah Diabetes Penyakit diabetes terjadi karena kadar gula dalam darah meningkat. Untuk mencegah penyakit tersebut, kadar gula dalam darah harus terkontrol tidak terlalu tinggi. Tomat ternyata bisa menjaga kadar gula dalam darah secara alami.

Bahkan, bagi penderita diabetes tipe 1, konsumsi tomat bisa menurunkan kadar gula. Untuk pasien diabetes tipe 2, tomat dapat membantu menurunkan kadar gula dan kadar lemak.

4. Memperlancar Pencernaan Serat di dalam tomat bermanfaat dalam melancarkan pencernaan. Dengan mengkonsumsi tomat secara rutin, Anda bisa terhindar dari sembelit. Ketika sedang diare, juga diperbolehkan mengonsumsi tomat, karena memiliki kandungan yang bisa mencegah diare.

Secara tidak langsung, dengan mengkonsumsi buah ini akan terhindar dari dua masalah pencernaan sekaligus.

5. Baik untuk Kesehatan Mata Manfaat tomat lainnya yaitu untuk kesehatan mata karena memiliki kandungan beta karoten. Kandungan likopen dan lutein di dalam tomat juga bermanfaat untuk mencegah gangguan pada mata seperti katarak dan degenerasi makula.

5. Baik untuk Kesehatan Mata Manfaat tomat lainnya yaitu untuk kesehatan mata karena memiliki kandungan beta karoten. Kandungan likopen dan lutein di dalam tomat juga bermanfaat untuk mencegah gangguan pada mata seperti katarak dan degenerasi makula. 

6. Mengurangi Risiko Stroke Stroke ternyata bisa dicegah dengan memperbanyak konsumsi tomat. Hal ini terkiat kandungan likopen di dalam tomat. Likopen inilah yang mengurangi peradangan, pembekuan darah, hingga memperkuat daya tahan tubuh. 

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1663031188697_1663031275

Share and Care

6 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Tomat menjadi salah satu makanan yang digemari. Terlepas dari penyebutan apakah tomat merupakan kelompok buah atau sayur, yang pasti tomat memiliki banyak kandungan gizi yang baik un