5 Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan

Neli Krismawati

Penulis : Neli Krismawati
Editor : Asop Ahmad

0

0

Share and Care
1662610543849_1662610558

Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Yoghurt merupakan salah satu produk olahan susu yang dibuat dengan metode fermentasi. Yoghurt terkenal dengan kandungan probiotik di dalamnya. Probiotik baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Tidak hanya probiotik saja, yoghurt juga memiliki beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Makanan ini juga baik dikonsumsi oleh siapapun, tak terkecuali oleh anak-anak dan ibu hamil.

Kandungan Nutrisi Yoghurt

Di dalam 1 cangkir atau sekitar 235 gram yoghurt, terkandung sekitar 150 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

1. 8 gram protein

2. 8 gram lemak

3. 11 gram karbohidrat

4. 11 gram gula

5. 113 miligram sodium

Yoghurt juga mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin B2, vitamin B12, vitamin D dan beberapa mineral, seperti fosfor, kalium dan magnesium.

Berkat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, yoghurt memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini 5 manfaat dari yoghurt untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Salah satu manfaat yoghurt untuk kesehatan yaitu dapat meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh. Hal ini karena kandungan probiotik di dalam yoghurt memiliki efek antiperadangan, sehingga dapat mencegah tubuh dari berbagai penyakit, seperti infeksi virus dan radang usus.

Selain itu, kandungan tersebut juga dapat meningkatkan resistensi dan pemulihan dari infeksi. Penelitian menyebutkan bahwa durasi semua gangguan yang disebabkan oleh penyakit lebih pendek pada orang yang rutin mengonsumsi yoghurt, dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi yoghurt.

2. Mencegah Osteoporosis

Nutrisi yang cukup sangat berperan penting dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis, terutama kandungan kalsium dan vitamin D. Kedua kandungan ini terdapat dalam yoghurt, sehingga sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang.

Kalsium terbukti dapat meningkatkan massa tulang untuk semua orang dan tidak terpaku oleh usia. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi yoghurt secara rutin setiap hari.

3. Mengurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi

Manfaat lain dari yoghurt untuk kesehatan tubuh adalah dapat mengurangi risiko dari tekanan darah tinggi. Susu rendah lemak yang mirip dengan yoghurt dipercaya dapat membuat tekanan darah menjadi normal jika dikonsumsi secara rutin.

Disebutkan juga jika penurunan risiko terkena darah tinggi mencapai 50% pada seseorang yang mengonsumsi 2–3 porsi susu rendah lemak dalam sehari. Tidak ada salahnya untuk mengganti susu rendah lemak tersebut dengan yoghurt.

4. Menjadi Pilihan yang Baik saat Diet

Yoghurt juga dapat bermanfaat sebagai makanan yang sangat baik saat sedang menjalani program diet. Hasil fermentasi susu ini dipercaya dapat menjadi camilan yang tepat di jam-jam tertentu saat perut tiba-tiba lapar padahal jadwal makan selanjutnya masih lama. Yoghurt dapat membuat seseorang merasa kenyang dibandingkan camilan lainnya, serta mampu menyehatkan tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Yoghurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang berperan dalam melindungi kesehatan sistem pencernaan dari berbagai jenis penyakit, seperti diare, konstipasi, radang usus, bahkan dipercaya dapat digunakan sebagai obat alami untuk hernia.

Probiotik bekerja dengan cara menggantikan bakteri baik yang hilang dari dalam tubuh serta menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan jahat yang hidup di sistem pencernaan. Dengan demikian, saluran pencernaan dapat tetap berfungsi secara normal.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1664194472393_1664194501

Keluarga

5 Manfaat Buah Kurma

SIAPBELAJAR.COM - Kurma adalah jenis buah yang bisa tumbuh kapan saja sepanjang tahun. Namun umumnya, buah ini sering dipanen pada musim gugur atau awal musim dingin di negara asalnya. Alasannya, kare
1664165195937_1664165201

Share and Care

5 Rekomendasi Makanan untuk Pengidap Anemia

SIAPBELAJAR.COM - Anemia merupakan kondisi kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi karena berbagai penyebab dan yang paling umum adalah akibat kekurangan atau defisiensi zat be
1663900738825_1663900745

Share and Care

5 Manfaat Buah Raspberry untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Raspberry atau dalam bahasa Indonesia disebut buah frambos merupakan salah satu jenis buah beri yang memiliki beragam varietas. Buah raspberry ada yang berwarna hit
1664078694631_1664078698

Share and Care

5 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

SIAPBELAJAR.COM - Setiap makanan yang dikonsumsi selama menyusui dapat memengaruhi nutrisi dalam air susu ibu atau ASI . Beragam nutrisi tersebut baik untuk membantu proses tumbuh kembang buah hati
1663334335357_1663334430

Keluarga

Pertolongan Pertama Hidung Mimisan

SIAPBELAJAR.COM - Mimisan adalah perdarahan yang terjadi di hidung. Kondisi yang juga disebut epistaksis ini tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi gejala dari suatu penyakit. Meski penanganan awalnya d