7 Langkah Hemat Listrik ala Dosen Universitas BSI

Udan Muhdiana

Penulis : Udan Muhdiana
Editor : Danang Hamid

0

0

Share and Care
1662339278381_1662339433

Ilustrasi : 7 tips Cara menghemat Istrik

SIAPBELAJAR.COM - Listrik menjadi kebutuhan utama tiap rumah tangga. Jika tidak digunakan dengan bijaksana, tentu tagihan listrik tiap bulan akan melonjak. Dosen prodi Teknik Elektro Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) Hartana membagikan tips menghemat listrik yang bisa dilakukan masyarakat.

Berikut 7 tips menghemat listrik yang dibagikan dosen Universitas BSI, Hartana. Tips ini juga bisa diterapkan para mahasiswayang tinggal di rumah kontrakan atau di kamar kos.

Berikut langkah-langkah menghemat listrik ala dosen Universitas BSI

1. Cabut perangkat elektronik yang sudah tidak digunakan

Hartana menerangkan, sebagai pengguna teknologi digital seperti laptop dan handphone, seringkali pengguna kelupaan untuk mencabut kabel charger dari stop kontak listrik. Ternyata kebiasaan itu dapat menyebabkan listrik terbuang sia-sia.

"Jangan terbiasa meninggalkan charger ponsel atau laptop yang masih terhubung di stop kontak. Walaupun tidak digunakan, arus listrik masih tetap mengalir pada kabel tersebut," urai Hartana seperti dikutip dari laman Universitas BSI, Minggu (28/8/2022).

Hartana menganjurkan agar masyarakat mencabut kabel serta perangkat elektronik lainnya ketika sudah tidak digunakan.

2. Gunakan lampu hemat energi (lampu LED)

Tips menghemat listrik lainnya dari dosen BSI yakni dengan mengganti menggunakan jenis lampu LED. Lampu LED memiliki daya lebih kecil, namun penerangannya tetap optimal.

Penggunaan lampu LED juga akan membuat tagihan listrik berkurang sehingga bisa hemat biaya listrik.

"Kami menganjurkan mulai saat ini juga, untuk mengganti penggunaan lampu biasa dan segera beralih ke lampu LED yang sudah terbukti dapat menghemat pemakaian listrik," papar Hartana.

3. Matikan perangkat elektronik

Hartana menyampaikan, perangkat elektronik rumah tangga seperti kipas angin, televisi, AC, lampu dan perangkat lain sebaiknya dimatikan saat tidak digunakan.

Selain menghemat listrik, mematikan perangkat tersebut juga akan membuat tagihan listrik berkurang. Tidak hanya itu, hal tersebut juga menjadi upaya untuk menjaga agar perangkat elektronik tersebut tidak mudah rusak.

4. Mengatur ventilasi dan pencahayaan ruangan

Saat membangun rumah, alangkah baiknya untuk mengatur ventilasi dan pencahayaan di setiap ruangan. Hal ini penting untuk mengurangi penggunaan pendingin ruangan dan lampu. Sehingga penggunaan energi listrik menjadi lebih hemat.

5. Gunakan timer pada AC

Memiliki iklim tropis, membuat masyarakat memutuskan menggunakan alat pendingin ruangan seperti AC. Namun penggunaan AC secara terus menerus bisa membuat listrik menjadi boros.

"Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya memasang timer setiap kali menggunakan AC. Timer juga diperlukan untuk mencegah jika lupa mematikan AC ketika sudah tidak diperlukan," imbuh Hartana.

6. Matikan lampu saat tidur

Kebiasaan mematikan lampu saat tidur tidak hanya baik untuk kesehatan, namun juga menjadi upaya untuk menghemat listrik.

Saat tidur, tidak butuh penerangan lebih, namun jika membutuhkan penerangan dapat menggantinya dengan lampu tidur yang hemat energi.

7. Menggunakan listrik prabayar

Cara menghemat biaya listrik ini bisa diterapkan bagi yang sulit mengontrol penggunaan listrik di rumah.

Hartana menekankan, dengan listrik prabayar, bisa menentukan batas maksimal penggunaan listrik bulanan. Hal tersebut cukup efektif untuk menekan tagihan listrik di rumah.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1663992809696_1663992831

Keluarga

Tips Menghindari Jeratan Utang

SIAPBELAJAR.COM - Kenaikan harga barang dan biaya hidup yang semakin mahal membuat kondisi keuangan banyak orang semakin tertekan. Tak jarang demi memenuhi kebutuhan, seseorang harus ber-utang kepada
1662339278381_1662339433

Share and Care

7 Langkah Hemat Listrik ala Dosen Universitas BSI

SIAPBELAJAR.COM - Listrik menjadi kebutuhan utama tiap rumah tangga. Jika tidak digunakan dengan bijaksana, tentu tagihan listrik tiap bulan akan melonjak. Dosen prodi Teknik Elektro Universitas Bina
1661436745790_1661436885

Keluarga

Tips agar Masakan Menjadi Lebih Sehat

SIAPBELAJAR.COM - Kandungan gizi makanan yang bermanfaat bagi tubuh bisa hilang begitu saja akibat cara masak yang salah. Bahkan, cara memasak yang salah juga bisa membuat makanan yang tadinya sehat m
1661094161041_1661094179

Keluarga

Tips Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut

SIAPBELAJAR.COM - Banyak orang yang suka makanan pedas, tapi makan terlalu berlebihan justru bisa memicu sensasi terbakar di mulut hingga menyebabkan sakit perut. Lantas, bagaimana cara mengatasi kepe
1660833328929_1660833458

Keluarga

Tips Atasi Sesak Nafas dengan Cepat

SIAPBELAJAR.COM - Sesak napas dapat dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan, seperti nyeri di bagian dada, batuk, pusing, dan kelelahan. Sesak napas juga bisa menyerang Anda yang memiliki fobia te