5 Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Neli Krismawati

Penulis : Neli Krismawati
Editor : Danang Hamid

0

0

Share and Care
1660634727321_1660634762

5 Manfaat Wortel untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM- Wortel merupakan sayuran yang masuk ke dalam kelompok umbi-umbian. Umumnya di Indonesia, kita mengenal wortel dengan warna oranye. Namun sebetulnya wortel juga ada yang berwarna kuning, ungu, putih hingga hitam.

Wortel bisa diolah dengan banyak cara, misalnya dimakan mentah, direbus, dikukus, dipanggang, dibuat jus hingga dijadikan bahan campuran untuk membuat camilan seperti pudding. Air perasan jus wortel juga bisa digunakan sebagai pewarna alami untuk mie dan roti yang lebih sehat.

Kandungan Nutrisi pada Wortel

Sahabat siapbelajar, manfaat wortel bisa kalian dapatkan dari kandungan nutrisi di dalamnya. Dalam setiap 100 gram wortel, terkandung 40 kalori dan beragam nutrisi sebagai berikut:

1. 9,5 gram karbohidrat

2. 2,8–3 gram serat

3. 4,8 gram gula

4. 0,9 gram protein

5. 320 miligram kalium

6. 70 miligram natrium

7. 30 miligram kalisum

8. 35 miligram fosfor

9. 20 mikrogram folat

10. 835 mikrogram vitamin A

11. 13 mikrogram vitamin K

Selain itu, wortel juga mengandung banyak senyawa fitokimia yang bermanfaat bagi tubuh, seperti beta-karoten, antosianin, polifenol, lutein, likopen dan zeaxanthin. Wortel juga mengandung kolin, vitamin B kompleks, vitamin C serta vitamin E.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalam wortel, berikut ini merupakan manfaat wortel bagi kesehatan yang bisa kalian peroleh:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat ini merupakan salah satu manfaat wortel yang paling terkenal. Wortel baik untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung banyak vitamin A, lutein dan zeaxanthin. Selain itu, wortel juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

Dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, lutein, zeaxanthin, serta antioksidan, seperti wortel, kalian akan berisiko lebih rendah terkena berbagai penyakit mata, seperti rabun senja (buta malam hari), katarak dan degenerasi makula.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan wortel juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker, terutama kanker paru-paru.

Manfaat wortel ini diperoleh dari tingginya kandungan beta-karoten. Kandungan ini disebut-sebut memiliki efek melindungi tubuh dari serangan kanker.

Mengutip dari beberapa penelitian, beberapa jenis kanker yang dapat dicegah meliputi kanker prostat, kanker usus besar, kanker perut hingga kanker payudara.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat wortel dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung bisa diperoleh karena adanya kandungan kalium, antioksidan dan serat di dalam sayuran ini.

Kalium pada wortel baik untuk menjaga tekanan darah normal, sedangkan serat dan antioksidannya baik untuk mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyumbat pembuluh darah jantung.

4. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

Wortel merupakan salah satu sayuran yang baik dikonsumsi untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, baik pada pasien diabetes maupun untuk orang yang sehat. Dengan gula darah yang terkontrol, pasien diabetes akan berisiko lebih rendah untuk mengalami komplikasi, seperti gangguan ginjal dan kerusakan saraf.

Selain itu, pada orang yang sehat, wortel bermanfaat untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan melonjaknya kadar gula darah terlalu tinggi, sehingga mereka bisa terhindar dari penyakit diabetes. Hal tersebut dikarenakan wortel mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, namun memiliki nilai indeks glikemik yang rendah.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Salah satu fungsi wortel adalah sebagai sumber beberapa vitamin dan mineral yang baik, khususnya vitamin A, biotin, vitamin K1, kalium dan vitamin B6.

Selain itu, wortel juga kaya akan beta-karoten. Maka tidak heran jika manfaat wortel dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Beta-karoten nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Zat nutrisi ini selain dapat membantu meningkatkan penglihatan yang baik, juga berpengaruh untuk pertumbuhan, perkembangan dan imunitas tubuh.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1664194472393_1664194501

Keluarga

5 Manfaat Buah Kurma

SIAPBELAJAR.COM - Kurma adalah jenis buah yang bisa tumbuh kapan saja sepanjang tahun. Namun umumnya, buah ini sering dipanen pada musim gugur atau awal musim dingin di negara asalnya. Alasannya, kare
1664165195937_1664165201

Share and Care

5 Rekomendasi Makanan untuk Pengidap Anemia

SIAPBELAJAR.COM - Anemia merupakan kondisi kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi karena berbagai penyebab dan yang paling umum adalah akibat kekurangan atau defisiensi zat be
1663900738825_1663900745

Share and Care

5 Manfaat Buah Raspberry untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Raspberry atau dalam bahasa Indonesia disebut buah frambos merupakan salah satu jenis buah beri yang memiliki beragam varietas. Buah raspberry ada yang berwarna hit
1664078694631_1664078698

Share and Care

5 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

SIAPBELAJAR.COM - Setiap makanan yang dikonsumsi selama menyusui dapat memengaruhi nutrisi dalam air susu ibu atau ASI . Beragam nutrisi tersebut baik untuk membantu proses tumbuh kembang buah hati
1663334335357_1663334430

Keluarga

Pertolongan Pertama Hidung Mimisan

SIAPBELAJAR.COM - Mimisan adalah perdarahan yang terjadi di hidung. Kondisi yang juga disebut epistaksis ini tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi gejala dari suatu penyakit. Meski penanganan awalnya d