Cara Menjaga Kesehatan Otak

Intan Suryani

Penulis : Intan Suryani
Editor : Danang Hamid

0

0

Share and Care
1660172874058_1660172928

Ilustration (Sumber: Republika)

SIAPBELAJAR.COM- Otak merupakan organ yang berperan penting dalam mengendalikan seluruh fungsi tubuh. Oleh karena itu, kesehatan otak sangat penting untuk selalu dijaga. Apabila tidak dijaga dengan baik, berbagai fungsi organ tubuh pun akan terganggu.

Fungsi otak bisa mengalami penurunan seiring pertambahan usia. Hal ini dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami pikun, demensia, dan penyakit Alzheimer di masa tuanya.

Namun, dengan menjalani pola makan dan gaya hidup sehat, gangguan kesehatan pada otak akibat pertambahan usia pun dapat dicegah.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan otak:

1. Cukupi Kebutuhan Nutrisi Otak

Lindungi otak dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas dengan makanan yang mengandung antioksidan, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan ikan. Cukupi juga kebutuhan asam lemak omega-3 yang bisa didapat dari ikan salmon dan sarden. Zat ini sangat penting dalam menurunkan kadar kolesterol, meminimalkan peradangan pada otak, serta menjaga optimalisasi otak.

2. Rutin Olahraga

Manfaat olahraga untuk kesehatan otak bisa kamu dapatkan dengan melakukannya secara rutin.

Hal ini disebabkan karena olahraga dapat meningkatkan kadar protein khusus di dalam otak yang dapat membantu memperkuat dan menjaga sel-sel di saraf tetap dalam keadaan sehat. Selain itu, protein ini juga membantu menstimulasi pertumbuhan sel saraf di otak yang baru.

3. Stimulasi

Kegiatan yang melibatkan kemampuan berpikir dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan menurunkan risiko demensia. 

Kegiatan menjaga kesehatan otak yang bisa kamu coba adalah permainan kartu, puzzle, dan teka-teki silang. Permainan ini dinilai dapat membantu menjaga kemampuan kognitif otak.

4. Bersosialisasi

Hasil penelitian yang dilakukan pada orang-orang yang mengalami demensia, menunjukkan bahwa dengan melakukan kegiatan sosial, membangun koneksi, dan berkomunikasi dengan orang lain, dapat menurunkan tingkat demensia mereka.

Interaksi yang dilakukan dengan keluarga, teman, atau, kerabat lainnya, terbukti mampu dapat memperlambat penurunan ingatan pada usia dewasa. Selain itu, bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dapat menghindarkan kita dari stress, depresi, meningkatkan rasa nyaman, dan meningkatkan kapasitas intelektual.

5. Istirahat Cukup

Tak hanya olahraga, kegiatan menjaga kesehatan otak lainnya adalah istirahat. Istirahat adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk dapat menjaga kesehatan otak. 

Jika waktu tidur tidak cukup dan kualitasnya buruk, hal ini dapat memengaruhi produktivitas dan kesehatan otak.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1661094161041_1661094179

Keluarga

Tips Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut

SIAPBELAJAR.COM - Banyak orang yang suka makanan pedas, tapi makan terlalu berlebihan justru bisa memicu sensasi terbakar di mulut hingga menyebabkan sakit perut. Lantas, bagaimana cara mengatasi kepe
1660833328929_1660833458

Keluarga

Tips Atasi Sesak Nafas dengan Cepat

SIAPBELAJAR.COM - Sesak napas dapat dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan, seperti nyeri di bagian dada, batuk, pusing, dan kelelahan. Sesak napas juga bisa menyerang Anda yang memiliki fobia te
1660172874058_1660172928

Share and Care

Cara Menjaga Kesehatan Otak

SIAPBELAJAR.COM- Otak merupakan organ yang berperan penting dalam mengendalikan seluruh fungsi tubuh. Oleh karena itu, kesehatan otak sangat penting untuk selalu dijaga. Apabila tidak dijaga dengan ba
1659702151927_1659702178

Keluarga

Tips Atasi Insomnia

SIAPBELAJAR.COM - Insomnia alias gangguan tidur di malam hari bisa sangat mengganggu. Pasalnya, tidur merupakan kebutuhan mendasar manusia yang sangat penting dan harus dicukupi. Itulah sebabnya, gang
1659601161983_1659601168

Share and Care

Simak! Berikut 5 Manfaat Petai Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

SIAPBELAJAR.COM - Petai dengan rasa dan aroma yang khas biasanya dihidangkan dengan sambal atau sajian masakan pedas lainnya. Namun, beberapa orang memilih untuk tidak memakan petai karena aroma me