5 Buah yang Aman Dikonsumsi Pengidap Asam Lambung

Neli Krismawati

Penulis : Neli Krismawati
Editor : Asop Ahmad

0

0

Share and Care
1659688722290_1659688737

Semangka, Salah Satu Buah yang Aman Dikonsumsi Pengidap Asam Lambung

SIAPBELAJAR.COM - Buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral dikenal sebagai jenis makanan yang baik dikonsumsi secara rutin untuk kesehatan. Namun, ada saat-saat tertentu di mana kalian tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah. Contohnya, saat asam lambung sedang kambuh. 

Sahabat siapbelajar, jika kalian termasuk kelompok yang memiliki riwayat masalah kesehatan tersebut, jenis buah yang dianjurkan untuk dihindari adalah buah yang memiliki rasa asam atau disebut juga dengan buah sitrus.

Buah tersebut termasuk lemon, jeruk, kiwi dan sirsak. Mengonsumsi buah dengan rasa asam bisa membuat gejala asam lambung memburuk.

Namun, hal tersebut bukan berarti bahwa pengidap asam lambung tidak bisa mengonsumsi buah-buahan sama sekali. Karena bagaimanapun, buah-buahan dapat memberikan nutrisi baik yang diperlukan untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini buah-buahan yang aman untuk dikonsumsi pengidap asam lambung:

1. Pisang

Pisang merupakan sumber kalium, serat, vitamin C, antioksidan dan fitonutrien. Serat dalam pisang dapat memperbaiki pencernaan dan mengurangi asam lambung. Menurut AARP dan Yayasan Internasional untuk Gangguan Gastrointestinal, pisang juga memiliki kadar asam yang rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi saat asam lambung kambuh.

2. Pepaya

Buah tropis yang rasanya manis ini dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, di antaranya adalah melawan penyakit jantung, diabetes, kanker, masalah tulang dan asma.

Pepaya juga mengandung vitamin K, beta-karoten, kalsium dan kaya akan sumber vitamin A. Pepaya juga memiliki kandungan enzim yang disebut papain yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi heartburn.

3. Melon 

Lalu, ada juga buah melon yang aman untuk pengidap asam lambung. Sama halnya seperti buah pisang, melon juga merupakan buah yang mengandung basa sehingga sangat efektif untuk melawan asam. 

4. Semangka

Buah yang sangat segar dikonsumsi di musim panas ini kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin A dan asam amino. Karena kandungan airnya yang tinggi, semangka dapat membantu melancarkan pencernaan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Buah ini juga dapat menetralkan asam lambung dan mengurangi refluks.

5. Apel

Apel dikenal sebagai buah yang dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar. Hal ini karena kandungan nutrisi yang dimilikinya, diantaranya adalah vitamin A, C, D, B-16 dan B12. Kalsium, zat besi dan magnesium juga ditemukan dalam apel.

Buah ini dapat menjaga pencernaan agar tetap sehat dan melancarkan buang air besar. Apel bahkan dapat mengurangi asam dan menenangkan perut saat asam lambung kambuh.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1659688722290_1659688737

Share and Care

5 Buah yang Aman Dikonsumsi Pengidap Asam Lambung

SIAPBELAJAR.COM - Buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral dikenal sebagai jenis makanan yang baik dikonsumsi secara rutin untuk kesehatan. Namun, ada saat-saat tertentu di mana kalian tidak
1659100035716_1659100063

Share and Care

Stress Bisa Memicu GERD

SIAPBELAJAR.COM - Gerd adalah singkatan dari Gastroesophageal Reflux Disease. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan gejala atau perubahan yang terjadi pada suatu gangguan sistem saluran pencernaan
Red & White Modern Tutorial Youtube Thumbnail (6)_1657151018

Keluarga

9 Obat Herbal Atasi Asam Lambung

SIAPBELAJAR.COM - Asam lambung merupakan salah satu penyakit yang diderita banyak orang. Rasa tidak nyaman banyak dialami penderitanya dengan berbagai keluhan. Dan, apabila asam lambung disepelekan ma
1655539251371_1655539315

Keluarga

Mencegah Asam Lambung Tanpa Obat

SIAPBELAJAR.COM - Penyakit asam lambung juga dikenal dengan nama astroesophageal reflux disease (GERD) yang membuat penderitanya merasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.Ada