Lindungi Karyamu dengan 14 Aplikasi Watermark Foto Terbaik

Agus Salim

Kontributor : Agus Salim
Editor : Danang Hamid

0

0

Share and Care
1659490278178_1659490416

Ilustrasi foto: Agus salim

SIAPBELAJAR.COM - Di era digitalisasi yang semakin canggih, mengabadikan foto atau video medsos sudah menjadi keharusan. Namun pernahkan sobat siapbelajar.com  mengalami hal yang kurang mengenakan? Saat karya foto atau video sendiri tiba tiba di curi orang lain, (Plagiarisme ).

Watermark foto dapat menjadi salah satu solusi tepat untuk mengamankan foto atau video dari adanya pencurian. Dengan adanya aplikasi watermark tersebut, Anda dapat menambahkan tanda air ke dalam foto serta video kapan saja tanpa ribet menggunakan perangkat PC.

Meskipun demikian, fitur yang ditawarkan dalam aplikasi tersebut pun tidak kalah dengan aplikasi yang terdapat pada aplikasi PC. Seperti yang kita ketahui, watermark adalah suatu tanda yang menandakan bahwa foto tersebut mempunyai hak cipta.

Hal ini agar tidak sembarangan orang dapat menggunakan foto Anda. Saat ini kita perlu berhati-hati karena tidak sedikit orang yang tak bertanggung jawab dengan santainya mengambil foto-foto yang Anda miliki. Dengan menambahkan watermark atau tanda air, dapat melindungi foto yang Anda miliki dari orang-orang tidak bertanggung jawab.

Daftar Aplikasi Watermark Foto

Pada awalnya, untuk dapat menambahkan watermark foto, maka kita harus menggunakan software yang telah Anda instal pada perangkat komputer atau laptop.

Akan tetapi, saat ini hanya dengan menggunakan smartphone, Anda pun dapat melakukan watermark pada sebuah gambar atau foto secara lebih mudah.

Dengan adanya developers aplikasi watermark foto, maka Anda akan lebih cepat untuk melakukan watermark kapan dan di mana saja.

Berikut ini beberapa pilihan aplikasi watermark pada Android dan iPhone yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat watermark:

LogoLicious

Bagi Anda yang sedang mencari aplikasi watermark foto tanpa iklan, LogoLicious dapat menjadi salah satu pilihan tepat. Hal ini dikarenakan aplikasi besutan The Laughing Dutchman ini memang bersih dari iklan yang sering mengganggu.

Dengan demikian, Anda dapat menambahkan tanda air ke dalam foto secara lebih nyaman tanpa risih dengan adanya iklan. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka juga dapat menggunakan logo sendiri untuk Anda jadikan sebagai watermark. Namun apabila Anda tidak ingin memiliki logo, maka Anda juga dapat menggunakan teks tertentu jadi watermark.

Shot On Stamp Photos

Salah satu aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyertakan watermark secara otomatis pada foto yang telah Anda ambil dengan kamera bawaan.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu memilih logo yang tersedia pada aplikasi, kemudian menambahkan teks pada logo tersebut sesuai dengan keinginan. Selain itu, Anda juga dapat mengubah teks “Shot On” (nama perangkat yang Anda gunakan) sesuai dengan keinginan.

Watermark

Salah satu aplikasi watermark foto yang hadir dengan berbagai fitur lengkap dan dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan. Dalam aplikasi ini menyediakan bentuk watermark dengan posisi serta model cukup beragam dan lengkap.

Tidak hanya bermanfaat untuk menempatkan watermark saja, akan tetapi Anda juga dapat melakukan pengeditan kualitas gambar. Mulai dari pencerahan, kontras, serta ketajaman gambar.

Hal ini tentunya akan lebih praktis hanya menggunakan satu aplikasi yang memiliki fungsi dengan beberapa fitur di dalamnya. Cara membuat watermark di foto melalui aplikasi ini cukup mudah.

Anda hanya menambahkan model watermark yang diinginkan ke dalam foto. Selanjutnya Anda dapat mengedit letak watermark tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan. Sebaiknya, meletakkan watermark tersebut hendaklah lebih strategis sehingga sulit untuk dihilangkan.

Add Watermark on Photos

Sama dengan namanya, Add Watermark on Photos adalah salah satu aplikasi yang hanya dapat Anda gunakan dalam menambahkan watermark ke file foto saja.

Meskipun demikian, fitur yang tersemat di dalamnya sangatlah lengkap. Bagi Anda yang memiliki logo teks dan ingin Anda gunakan sebagai tanda air, maka Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, pada aplikasi besutan Simply Entertaining ini telah memperoleh bekalan fitur pembuat tanda air.

Salah satu fitur menarik yang dapat Anda manfaatkan pada aplikasi watermark foto satu ini adalah fitur pengelolaan batch. Dengan menggunakan fitur ini, maka Anda dapat menambahkan watermark pada ratusan foto sekaligus tanpa ribet lagi untuk menambahkannya satu-satu.

Photo Watermark

Pilihan aplikasi watermark foto selanjutnya adalah Photo Watermark. Aplikasi ini dikembangkan oleh developer MV Trail Tech. Ini merupakan salah satu aplikasi edit foto watermark dengan tingkat transparansi yang dapat ditentukan oleh para penggunanya.

Lain dari aplikasi watermark foto yang ada, Photo Watermark adalah salah satu aplikasi yang sangat cocok untuk penggunaan pribadi. Berkat menggunakan aplikasi ini, maka Anda dapat tambahkan watermark dengan format gambar atau teks.

Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai tampilan cukup sederhana sehingga sangat mudah untuk Anda gunakan, meskipun Anda adalah seorang pemula sekalipun.

Menariknya lagi, Photo Watermark juga mempunyai fitur lengkap. Fitur tersebut antara lain pengambilan foto dengan kamera pilihan, foto atau warna yang beragam, ratusan teks, stiker, dan lain sebagainya.

iWaterMark Free

Salah satu aplikasi watermark foto yang cukup simple, akan tetapi menarik untuk Anda gunakan. Pasalnya, pada aplikasi ini Anda dapat menambahkan watermark ke beberapa gambar sekaligus.

Dalam hal ini, Anda dapat mengambil gambar dari galeri ataupun menggunakan pada perangkat kamera. Terdapat juga galeri watermark sehingga Anda tidak kesulitan lagi mengenai mana foto yang sudah Anda beri watermark dan mana yang belum.

SALT

Aplikasi satu ini merupakan pilihan tepat bagi pengguna yang ingin tambahkan watermark secara otomatis ke file gambar hasil jepretan kamera.

Dengan menggunakan aplikasi satu ini, maka Anda tidak hanya dapat menambahkan watermark dalam bentuk logo saja. Akan tetapi, informasi seputar bisnis juga dapat Anda tambahkan. Mulai dari nomor telepon, web, email, atau informasi lainnya.

eZy Watermark Photos Free

Aplikasi watermark foto terbaik selanjutnya adalah eZy Watermark Photos Free. Dalam aplikasi ini menyediakan berbagai jenis font yang dapat Anda pilih untuk menjadi tulisan pada watermarknya.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur tambahan. Seperti fitur tanda tangan, QR Code, juga bentuk pengaman lainnya yang dapat menyelamatkan keorisinalitasan foto yang Anda hasilkan.

Dalam aplikasi watermark foto ini juga memperoleh bekalan fitur untuk penyimpanan pengaturan logo yang dapat Anda gunakan secara berulang-ulang. Dengan demikian, Anda tidak perlu ribet untuk mengaturnya lagi pada saat Anda menambahkan watermark ke dalam foto lain.

Misalnya pengaturan posisi, warna, ketebalan, dan lain sebagainya. Bahkan foto yang telah berhasil Anda edit, bisa langsung Anda bagikan ke media sosial. Termasuk WhatsApp, Instagram, Facebook, dan yang lainnya.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah mampu menggabungkan beberapa foto sekaligus menjadi satu sehingga pekerjaan Anda pun akan lebih efektif.

iWatermark Free Add Watermark Text Logo Pic TM

Salah satu aplikasi watermark foto ini cukup populer di kalangan pengguna. Aplikasi ini telah berhasil diunduh lebih dari 500 ribu pengguna.

Aplikasi watermark satu ini tidak hanya dapat Anda gunakan pada perangkat Android, akan tetapi juga untuk perangkat iOS, Mac, serta Windows.

Sama seperti aplikasi sejenis lainnya, dalam aplikasi ini juga menyediakan pilihan fitur menarik. Sehingga dapat membantu para pengguna untuk lebih mudah dalam memproses pembuatan watermark.

Fitur yang tersemat dalam aplikasi watermark foto satu ini antara lain beragam font, pengaturan transparansi, warna, rotasi, dan lainnya. Akan tetapi, hal yang cukup disayangkan dalam penggunaan aplikasi ini adalah nantinya akan tertempel pula watermark “dibuat dengan iWatermark” pada hasil editannya.

Instawatermark

Cukup banyak pengguna yang telah menginstal aplikasi watermark satu ini. Mungkin karena aplikasi ini memiliki ukuran cukup kecil yakni hanya sekitar 6,3MB. Dengan demikian, penggunaannya pun cukup ringan.

Fitur yang terdapat dalam aplikasi Instawatermark adalah pengguna dapat membuat kode QR. Sedangkan untuk watermark dapat langsung mengambil dari galeri ataupun foto langsung. Melalui aplikasi ini, Anda dapat membagikan foto setelah Anda edit ke media sosial yang Anda miliki.


Aplikasi Watermark Foto by AppX Studio

AppX Studio merupakan salah satu pengembang aplikasi mobile yang cukup besar saat ini. Sudah banyak mobile app yang telah resmi dirilisnya. Salah satunya adalah aplikasi Watermark.

Aplikasi ini dapat memudahkan para penggunanya untuk menambahkan berbagai efek pada tanda air kreasi pengguna. Dengan demikian, Anda dapat menambahkan berbagai macam logo, tanda, teks, serta tanda tangan digital yang dapat Anda buat sendiri pada foto tertentu.

Dalam aplikasi ini terdapat pula lebih dari 250 jenis font serta lebih dari 1000 sticker yang dapat Anda gunakan secara gratis. Sama halnya aplikasi watermark foto lainnya, dalam aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk mengatur opacity dari tanda air. Hal ini bertujuan agar para penggunanya merasa lebih leluasa untuk membuat desain tampak lebih jelas dan transparan.

Watermarking

Salah satu aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk menambahkan watermark pada foto yang telah Anda buat. Watermarking memberikan layanan yang berupa pilihan font cukup beragam di dalamnya. Mulai dari warna juga penambahan logo langsung untuk foto yang akan Anda edit.

Dalam video ini juga tersedia fitur sangat bermanfaat untuk menunjang keindahan serta keestetisan dari foto yang Anda hasilkan. Aplikasi watermark satu ini juga tersedia gratis serta dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Add Watermark on Video & Photos

Pilihan aplikasi watermark foto selanjutnya adalah Add Watermark on Video & Photos. Sesuai dengan namanya, Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk menambahkan tanda air ke dalam foto.

Salah satu aplikasi besutan Z Mobile App ini juga dapat Anda gunakan untuk menambahkan tanda air ke dalam video. Selain itu, pada aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 ribu kali ini juga hadir dengan kelengkapan fitur BatcH Processing. Dengan menggunakan fitur tersebut, maka Anda dapat menambahkan tanda air ke dalam ratusan file foto atau video sekaligus.

Watermark Maker

Salah satu aplikasi watermark foto ini memiliki user interface (UI) yang cukup simple, akan tetapi tetap menarik. Watermark Maker dapat membantu Anda untuk terhindar dari adanya penyalahgunaan foto dengan cara yang ilegal.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga akan memperoleh berbagai fitur yang dapat membuat Anda lebih mudah dalam proses pembuatan logo watermark.

Beberapa fitur andalan dalam aplikasi ini antara lain dapat menyimpan hasil rancangan sebagai template, pilihan font, warna, serta ukuran yang cukup beragam. Terdapat pula tanda tangan digital dan fitur menarik lainnya.


Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1659742086940_1659742173

Belajar

Dunia Madrasah Harus Aktif dengan Digitalisasi

SIAPBELAJAR.COM - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan madrasah sebagai satuan pendidikan formal di bawah Kementerian Agama harus terlibat aktif beradaptasi dengan digitalisasi dalam me
1659490278178_1659490416

Share and Care

Lindungi Karyamu dengan 14 Aplikasi Watermark Foto Terbaik

SIAPBELAJAR.COM - Di era digitalisasi yang semakin canggih, mengabadikan foto atau video medsos sudah menjadi keharusan. Namun pernahkan sobat siapbelajar.com  mengalami hal yang kurang mengen
1659191630417_1659192113

Saintek

Kuasai Skill Ini Diprediksi Booming di Era Digitalisasi Sampai 2025

SIAPBELAJAR.COM - Transformasi digital membawa perubahan besar pada jenis pekerjaan dan bisnis yang berkembang saat ini. Pandemi Covid-19 yang terjadi selama 2 tahun lebih juga turut mempercepat per
1658910744787_1658910930

Trending

G20 Empower Dorong Pemberdayaan Perempuan Pada Dunia Pendidikan

SIAPBELAJAR.COM - Group of Twenty (G20) EMPOWER Presidensi Indonesia menggelar kegiatan Plenary Meeting dan side event ketiga di Jakarta, pada Selasa (26/7).Pemerintah Indonesia melalui tiga kemente
1658839616781_1658839750

Trending

UMN Dorong Wisudawan Jadi Wirausahawan Sejati

SIAPBELAJAR.COM - Rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Ninok Leksono mengajak lulusan UMN untuk terus mengembangkan diri dan siap akan segala peluang dan tantangan baru terlebih di era di