Dangke, Keju Lokal dari Enrekang Sulawesi Selatan

Intan Suryani

Penulis : Intan Suryani
Editor : Asop Ahmad

0

0

Share and Care
1659271808328_1659271915

Potret keju dangke [Sumber: web.ummsapul.co.id]

SIAPBELAJAR.COM- Selama ini kita tahu bahwa keju berasal dari Eropa. Tapi ternyata Indonesia juga punya keju lho, namanya keju dangke.

Keju dangke merupakan makanan olahan berbahan dasar susu kerbau yang berasal dari Enrekeng, Sulawesi Selatan. Keju ini terbuat dari susu kerbau, dan ada juga yang menggunakan susu sapi. Bahan unik lainnya dalam membuat keju dangke adalah getah pepaya.

Metode pembuatan dari keju dangke ini pada dasarnya hampir sama dengan keju pada umumnya. Pembuatan keju dangke memanfaatkan proses koagulasi protein yang dipicu oleh pemanasan, serta pengaruh pula oleh aktivitas enzim papain yang diperoleh dari getah pepaya muda sebagai pengganti rennet yang umumnya digunakan pada proses penggumpalan.

Rasa dari Keju Dangke 

Keju dangke punya rasa yang sedikit lebih asin dibanding dengan keju lainnya. Bertekstur lembut dan kenyal. Jika dibandingkan dari rasa dan tekstur, keju dangke ini hampir sama dengan keju mozarella. 

Biasanya warga Enrekang menggoreng atau membakar keju ini sebelum dikonsumsi. Mereka juga kerap menyantap keju dangke dengan pulo mandoti. Selain itu keju dangke juga enak disantap bersama roti, nasi dan juga sambal terasi. 

Bagaimana dengan Kandungan Gizinya?

Bahan dasar dari keju dangke ini berupa susu yang membuat makanan ini kaya akan protein. Menurut beberapa penelitian, protein dalam makanan tergantung pada sumber susu yang digunakan.

Susu kerbau yang merupakan bahan baku utama pembuatan keju dangke memiliki kadar protein yang lebih tinggi 4-6% dibandingkan dengan susu sapi yang hanya mencapai 4%.

Namun, perlu diperhatikan bagi yang alergi terhadap laktosa, mencerna susu kerbau bukanlah perkara mudah. Hal ini dikarenakan kadar laktosa dan lemak pada susu kerbau lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi.

Sejarah Penamaan Keju Dangke

Keju dangke ini disebut telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Bahkan nama dangke berasal dari 'dankjewel' yang berarti terimakasih. Saat itu seorang Belanda bertemu dengan peternak di Enrekang. 

Peternak tersebut memberikan keju lezat ini pada seorang Belanda. Ucapan 'dankejewel' yang dimaksudkan sebagai ucapan terima kasih, didengar sebagai “Dangke” oleh peternak pribumi. Semenjak itu, keju dangke menjadi nama resminya. 

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1659271808328_1659271915

Share and Care

Dangke, Keju Lokal dari Enrekang Sulawesi Selatan

SIAPBELAJAR.COM- Selama ini kita tahu bahwa keju berasal dari Eropa. Tapi ternyata Indonesia juga punya keju lho, namanya keju dangke.Keju dangke merupakan makanan olahan berbahan dasar susu kerbau ya
1656338619165_1656339009

Trending

Demi Sekolah, Dua Pelajar Asal Bone Berangkat Jam Tiga Pagi

SIAPBELAJAR.COM - Siswa sekolah dasar di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, berjalan kaki ke sekolah dengan menempuh jarak sejauh tujuh kilometer. Sebuah realita yang dirasakan dua anak SD di daerah pe