BPJS Kesehatan Ternyata Punya Program REHAB untuk Mencicil Tunggakan

Danang Hamid

Penulis : Danang Hamid
Editor : Danang Hamid

0

0

Share and Care
1658913633484_1658913687

Punya Tunggakan Iuran JKN? Simak Informasi REHAB (Foto: Laman BPJS Kesehatan/Humas)

SIAPBELAJAR.COM - BPJS Kesehatan ternyata punya solusi untuk peserta yang punya tunggakan iuran dengan mengikuti program REHAB atau Rencana Pembayaran Iuran Bertahap.

Melalui laman bpjs-kesehatan.go.id, dikatakan bahwa BPJS Kesehatan terus berupaya mengeluarkan terobosan yang dapat memberikan kemudahan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). 

Inovasi ini menghadirkan Program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab) untuk memudahkan peserta JKN-KIS khususnya segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) yang pembayaran iurannya yang tertunggak.

Dengan demikian, para peserta BPJS Kesehatan yang masih memiliki tunggakan bisa melakukan pembayaran dengan cara mencicil, dengan berbagai syarat dan ketentuan.

Kepala Penagihan dan Keuangan Cabang Tigaraksa, Farid Multianty, melalui laman resmi BPJS Kesehatan mengatakan ada beberapa latar belakang yang memengaruhi diluncurkan program REHAB, yakni:

Pertama, situasi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung menyebabkan rendahnya Ability to Pay peserta PBPU.

Kedua, rendahnya tingkat keaktifan peserta PBPU yang disebabkan karena tingginya peserta yang menunggak membayar iuran.

Ketiga, tingginya peserta PBPU yang menunggak di atas 3 bulan.

Cara Cek Tunggakan 

By SMS

Cara cek tunggakan BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan SMS. Anda cukup membuka SMS dan ketik 'NIK (spasi) Nomor Kependudukan atau NOKA (spasi) Nomor Kartu BPJS Kesehatan'.

Pastikan data sudah benar, kirim SMS ke nomor layanan BPJS di 08777-5500-400.

Melalui Website

Masuk ke alamat daftar.bpjs-kesehatan.go.id, Anda diminta untuk mengisi data yang diminta. Untuk cek tunggakan BPJS Kesehatan setelah login yakni:

Pertama, masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan. Kedua, tanggal lahir, dan angka validasi. Setelah mengisi semua data, klik 'cek' dan data pembayaran akan keluar.

Data cek pembayaran BPJS Kesehatan akan menunjukkan nama peserta, jumlah anggota keluarga yang ikut, hingga status aktif dan tidak aktif.

Anda juga bisa cek denda BPJS di laman yang sama, pada sisi paling kanan akan tertera jumlah tagihan yang mesti dibayarkan.

Lewat Aplikasi

Anda hanya perlu mendownload aplikasi mobile JKN di Handphone (HP). Kemudian, registrasi dengan memasukkan nomor kartu BPJS dan alamat email.

Setelah itu login dengan data yang telah didaftarkan. Pilih menu Tagihan, lalu Premi.

Lalu, Anda akan mendapatkan informasi tagihan BPJS Kesehatan di layar HP.

Baca Syarat & Ketentuan Program REHAB

Sebaiknya, bagi peserta yang mendaftarkan Program REHAB ini, membaca terlebih dahulu dengan seksama ketentuan-ketentuan yang berlaku sebelum menyetujui mendaftar.

Syarat dan ketentuan Program REHAB:

1. Anda memiliki tunggakan lebih dari 3 bulan (4-24 bulan)

2. Mendaftar melalui BPJS Kesehatan Care Center 165 atau aplikasi Mobile JKN 

3. Pendaftaran dapat dilakukan sampai tanggal 28 bulan berjalan kecuali bulan Februari pendaftaran sampai tanggal 27

4. Maksimal periode pembayaran bertahap adalah 12 tahapan.

Cara mendaftar program REHAB:

1. Bukan aplikasi Mobile JKN

2. Pilih menu Rencana Pembayaran Bertahap

3. Ikuti petunjuk atau arahan yang tertera.

Pembayaran tunggakan bertahap sudah termasuk memperhitungkan tunggakan untuk satu keluarga.

Jika Anda ingin mengikuti program ini, pertimbangkan juga bahwa status kepesertaan BPJS Kesehatan peserta program pembayaran tunggakan iuran bertahap baru akan aktif ketika seluruh tunggakan dan iuran bulan berjalan telah lunas.

Laman BPJS Kesehatan menerangkan bahwa pihaknya terus gencar melakukan sosialisasi Program REHAB kepada seluruh masyarakat melalui berbagai media informasi.

Harapannya, informasi ini dapat tersebar secara luas dan dipahami dengan baik oleh masyarakat.

Dengan demikian, peserta JKN yang memiliki tunggakan iuran dapat mendaftar Program REHAB untuk menerima manfaat atas kemudahan dari inovasi terbaru BPJS Kesehatan tersebut.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1660634727321_1660634762

Share and Care

5 Manfaat Wortel untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM- Wortel merupakan sayuran yang masuk ke dalam kelompok umbi-umbian. Umumnya di Indonesia, kita mengenal wortel dengan warna oranye. Namun sebetulnya wortel juga ada yang berwarna ku
1660436706198_1660436733

Trending

Kratom, Tanaman Penghasil Cuan Petani Dikaitkan dengan Narkotika

SIAPBELAJAR.COM - Tanaman Kraton yang kini menjadi ramai diperbincangkan, terlepas isu bisa digunakan untuk terapi bagi para pecandu narkotika. Menteri Koperasi dan
1660172874058_1660172928

Share and Care

Cara Menjaga Kesehatan Otak

SIAPBELAJAR.COM- Otak merupakan organ yang berperan penting dalam mengendalikan seluruh fungsi tubuh. Oleh karena itu, kesehatan otak sangat penting untuk selalu dijaga. Apabila tidak dijaga dengan ba
1660095567960_1660095592

Share and Care

4 Manfaat Toge untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Toge atau tauge atau kecambah merupakan sayuran yang berasal dari biji kacang hijau atau kacang kedelai. Walaupun toge berukuran kecil dan harganya murah, namun toge ini mengandung
1660011517386_1660011530

Share and Care

4 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dan Kecantikan

SIAPBELAJAR.COM - Banyak orang yang mengonsumsi susu sapi untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan nutrisi lainnya setiap hari. Selain susu sapi, ternyata sahabat siapbelajar juga bisa m