Seusai Klarifikasi Internal, Mendikbud Tindak Temuan Ditjenbud Rp 700 M

oleh -3 views
Mendikbud Mohammad Nuh
Arrief Ramdhani
Mendikbud Mohammad Nuh
Mendikbud Mohammad Nuh

INSPEKTORAT Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Itjen Kemdikbud) menyatakan terdapat indikasi dugaan korupsi sebesar Rp700 miliar di Direktorat Jenderal Kebudayaan (Ditjenbud) Kemdikbud. Indikasi itu diperoleh dari hasil investigasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara-Perubahan 2012 (APBN-P 2012).

Kepada rekan media, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh membenarkan adanya laporan temuan yang diterima dari Itjen tersebut. “Saya terima laporan (surat) dari Itjen 3 Mei 2013, meskipun suratnya tertanggal 26 April,” terang Nuh, seusai Jalan Sehat di Kemdikbud, Minggu (19/5).

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Menteri Nuh menyatakan akan mengklarifikasi kepada Wakil Mendikbud Bidang Kebudayaan Kemdikbud (Wamenbud) Wiendu Nuryanti, dan jajaran Ditjenbud terkait laporan temuan. “Saya akan klarifikasi terlebih dahulu, setelah selesai baru diproses lebih lanjut,” jelas Nuh.

Klarifikasi ini dilakukan mengingat posisi Itjen sebagai bagian dari Kemdikbud, yang menjalankan fungsi pengawasan. Menurut Nuh, Itjen melakukan pengawasan dan pendampingan secara internal. “Untuk itu penyelesaiannya internal dulu,” katanya.

Namun, dia menegaskan tidak akan melindungi apabila memang terbukti adanya penyimpangan. “Setelah di-clear-kan, baru saya melapor ke KPK, kalau ada yang menyimpang, ya harus diproses,” tegasnya.

Di akhir wawancara, Nuh pun menyatakan sudah menghubungi Wiendu Nuryanti, kemarin lusa (18/5), selaku Wamenbud, terkait laporan temuan Itjen. “Saya sampaikan tolong dipelajari agar dapat didiskusikan duduk perkaranya,” tutup Nuh.(kemdiknas.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.