Seribu Guru Dapat Pelatihan IT

oleh -6 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

KEMDIKBUD bekerjasama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggelar program IndiLearning.

Seribu guru terpilih akan mendapatkan pelatihan di bidang teknologi dan informasi, termasuk sosialisasi kurikulum 2013, pembelajaran abad 21, integrasi teknologi dan praktik terbaik pembelajaran inovatif, pemanfaatan media sosial untuk pembelajaran serta public speaking.

Untuk pelatihan pembelajaran abad 21, Telkom bekerjasama dengan Intel.

Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Arief Yahya mengatakan dari 330 ribu sekolah dan tiga juta guru yang ada di Indonesia, baru lima ribu guru yang terhitung benar-benar paham kurikullum 2013 dan melek teknologi. Menurut dia, tidak ada cara lain untuk meningkatkan daya saing bangsa kecuali mempercepat pertumbuhan guru-guru berkualitas.

Global competitiveness index Indoensia saat ini ada di posisi 34.

Masih cukup jauh tertinggal dibandingkan Singapura dan Thailand yang berada di posisi kedua dan 31. Apalagi tahun depan sudah memasuki masyarakat ekonomi Asean yang bukan hanya arus barang dan jasa saja yang akan masuk ke Indonesia.

“Yang perlu ditransformasi dari Indonesia yakni guru-gurunya agar bisa membentuk negara yang unggul,” ujar Arif.

Arif mengatakan akselerasi kualitas guru harus dimulai segera karena di negara lain, para gruu sudah emndapatkan akses teknologi yang lebih canggih.

Misalnya, mereka sudah bisa mendapatkan akses iPad gratis untuk menunjang kemampuan di bidang TIK.(republika.co.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.