Seperti 60 Mahasiswa Ini, Tertarik Raih Beasiswa dari BCA Finance?

Sunday 22 December 2013 , 3:58 AM
edukasi.kompas.com

edukasi.kompas.com

SEBANYAK 60 mahasiswa dari 51 perguruan tinggi di seluruh Indonesia meraih beasiswa dari PT BCA Finance melalui program “Beasiswa BCA Finance Peduli 2013”. Beasiswa diberikan dalam bentuk bantuan biaya kuliah dan uang saku kepada mahasiswa yang memiliki kendala dalam hal finansial yang sedang menempuh pendidikan program S-1 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.

Pemberian Beasiswa BCA Finance Peduli 2013 ini ditandai dengan penyerahan beasiswa secara simbolis oleh Amirdin Halim, Direktur PT BCA Finance, kepada Martin Rambe, mahasiswa Universitas Sumatera Utara jurusan Ilmu Administrasi Negara, Rabu (17/12/2013) di Jakarta. Tercatat sebanyak 208 mahasiswa berprestasi menerima beasiswa sejak program ini digulirkan pada 2009.

“Ini tahun kelima kami memberikan beasiswa. Kami berharap lebih banyak lagi mahasiswa berprestasi namun memiliki kendala dalam hal finansial bisa menyelesaikan pendidikannya tanpa dibebani oleh kendala biaya,” kata Halim.

Data Biro Pusat Statistik (BPS) tahun 2012 menyebutkan bahwa jumlah mahasiswa Indonesia saat ini baru mencapai 4,8 juta orang. Bila dihitung terhadap populasi penduduk berusia 19-24 tahun, maka angka partisipasi kasarnya baru mencapai 18,4 persen.

“Dari jumlah 4,8 juta ini, sekitar 6,5 persennya adalah mahasiswa kurang mampu yang terancam putus sekolah,” kata HAlim.

Berdasarkan catatan Kompas.com, Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencoba mengatasi masalah ini dengan memberikan beasiswa Bidik Misi yang hingga tahun akademik 2012/2013 mencapai 88.142 mahasiswa. Melihat angka tersebut, masih banyak mahasiswa di Indonesia yang berpotensi untuk putus kuliah.

Sistem online

Program Beasiswa BCA Finance merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial BCA Finance di bidang pendidikan. Tahun ini program tersebut masih disambut antusias oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tercatat lebih dari 45.000 pendaftar permohonan beasiswa yang masuk. Dari jumlah tersebut, sekitar 75,1 persen berasal dari perguruan tinggi negeri dan sisanya berasal dari perguruan tinggi swasta.

“Tahun lalu kami memberikan beasiswa kepada 50 mahasiswa berprestasi dan tahun ini jumlah penerima beasiswa kami tingkatkan menjadi 60 penerima beasiswa,” ujar Halim.

Mulai 2012 lalu, lanjut dia, proses aplikasi pendaftaran beasiswa dapat diakses secara online laman BCA Finance. Dia mengatakan, hal ini dilakukan untuk membuka akses lebih luas bagi mahasiswa berprestasi.

“Penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan uang saku sebesar Rp 3 juta per semester. Bantuan ini diberikan hingga selesai masa kuliah atau maksimal hingga semester VIII,” ujar Halim.

Bagi para penerima beasiswa yang telah menyelesaikan kuliahnya dengan baik,  maka mereka diberikan prioritas oleh BCA Finance untuk mengikuti seleksi program penerimaan karyawan, tentu saja yang bidang studi selama kuliahnya sesuai dengan kebutuhan BCA Finance.

Martin Rambe, mahasiswa jurusan Ilmu Administrasi Negara dari Universitas Sumatera Utara  mengaku sangat senang dan berterima kasih karena bisa mendapatkan  Beasiswa BCA Finance.

“Sekarang saya dapat konsentrasi belajar dan meningkatkan nilai mata kuliah, karena tidak perlu lagi memikirkan uang kuliah dan uang saku,” katanya.

Sementara La Nane, mahasiswa Fakultas Perikanan dari Universitas Hasannudin berharap ke depan akan lebih banyak lagi mahasiswa seperti dirinya bisa menerima beasiswa. Menurutnya, program beasiswa seperti ini akan membantu banyak mahasiswa yang ingin menyelesaikan pendidikannya dengan lebih baik.(edukasi.kompas.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.