Ketua NOC Indonesia Tinjau Persiapan Pelatnas Pencak Silat dan Kun Bokator SEA Games 2023 Kamboja

Jojon, S. Kom

Penulis : Jojon, S. Kom
Editor : Asop Ahmad

0

0

Seniraga
1674180992527_1674181057

Ketua NOC Indonesia Tinjau Persiapan Pelatnas Pencak Silat dan Kun Bokator SEA Games 2023 Kamboja (Doc NOC)

SIAPBELAJAR.COM - Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengunjungi Padepokan Pencak Silat di TMII, Jakarta, Kamis kemarin (19/1/2023). Okto tak sekadar melihat persiapan atlet Tim Indonesia dari cabang olahraga (cabor) pencak silat, tetapi juga kun bokator.

Ia juga sempat menyapa atlet pelatnas tim pencak silat Kamboja yang menjalani training camp di Jakarta. “Apa yang saya lihat saat ini adalah arti SEA Games sesungguhnya, yakni solidaritas, partisipasi dan pertukaran budaya. SEA Games bukan sekedar olahraga semata, tetapi semangat solidaritas persaudaraan antara negara ASEAN yang kita bangun dan dapatkan,” kata Okto.

Pencak silat merupakan beladiri asli Indonesia. Sementara kun bokator adalah martial arts dari Kamboja. Keduanya memiliki kesamaan karena merupakan beladiri yang sudah  diakui oleh UNESCO sebagai intangible cultural heritage atau warisan budaya tak benda.

Kamboja sebagai tuan rumah memasukan kun bokator dan pencak silat dalam sports program SEA Games edisi ke-32, dan disetujui SEAGF. Dalam menyiapkan diri, Indonesia dan Kamboja sepakat saling membantu agar atletnya dapat tampil maksimal dengan melakukan pertukaran.

Kamboja menyediakan dua pelatih terbaik mereka untuk melatih atlet-atlet kun bokator Tim Indonesia menuju SEA Games. Serta mengirim atlet pelatnas pencak silat mereka untuk melakukan training camp dengan mendapat pendampingan dari pelatih Indonesia.

Ketua Harian IPSI Benny Sumarsono mengatakan kolaborasi training camp ini sudah berlangsung sejak Oktober 2022. IPSI, katanya, mengapresiasi kunjungan NOC Indonesia dalam rangka pelatnas SEA Games.

“Saya berterima kasih karena Pak Ketua (NOC Indonesia) turun langsung ke pelatnas. Persiapan sudah cukup baik. Saya sendiri tidak menargetkan medali emas ke mereka, terpenting Indonesia harus menjadi juara umum pencak silat di SEA Games Kamboja nanti,” kata Benny.

SEA Games Kamboja akan dipertandingkan 5-17 Mei. Ini adalah kali pertama Land of the Khmer menjadi tuan rumah multievent olahraga kawasan Asia Tenggara yang akan mempertandingkan 36 cabor, 47 disiplin, dan 581 nomor pertandingan.

Terkait ada beberapa cabor medali emas SEA Games Vietnam yang tak dipertandingkan di Kamboja, Okto mengatakan pihaknya berupaya mendesak perubahan kontituen di SEAGF Charter, sehingga tidak hanya dua cabor saja yakni atletik dan akuatik yang masuk menjadi cabor mandatory.

“Saat ini hanya dua cabor yang wajib dipertandingkan, sehingga kita harus ubah paradigma. Pakem SEA Games bukan peringkat negara, tapi cabor karena tidak semua cabor dipertandingkan di SEA Games. Jadi evaluasinya nanti adalah harus per cabor. Tahun ini juga ada Asian Games, dan jangan lupa fokus utama kita Olimpiade dan melalui DBON sudah diatur jg bahwa prestasi kita harus lebih baik di Olimpiade 2024 Paris,” kata Okto.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1674180992527_1674181057

Seniraga

Ketua NOC Indonesia Tinjau Persiapan Pelatnas Pencak Silat dan Kun Bokator SEA Games 2023 Kamboja

SIAPBELAJAR.COM - Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengunjungi Padepokan Pencak Silat di TMII, Jakarta, Kamis kemarin (19/1/2023). Okto tak sekadar melihat persiapan atlet Tim Indonesia dari ca