Semangat Hardiknas untuk Membangun Peradaban

oleh -3 views
SD Juara Cimahi
Arrief Ramdhani
SD Juara Cimahi
SD Juara Cimahi

HARI pendidikan nasional (Hardiknas) di Kota Cimahi diperingati dengan upacara apel yang diikuti Muspida, anggota Korpri, dan perwakilan elemen pendidikan.

Pembacaan puisi mewarnai peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di lapangan parkir Gedung B Pemkot Cimahi. Acara kian semakin meriah dengan penampilan marching band siswa.

banner 728x90

Dalam amanatnya, Wali Kota Cimahi Atty Suharti membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh. Temanya, pendidikan untuk peradaban yang unggul.

“Pendidikan untuk peradaban yang unggul mengingatkan kita bahwa pendidikan bukan hanya untuk menyelesaikan atau menjawab persoalan-persoalan yang sifatnya sangat teknis dan bersifat kekinian semata,” bebernya, Senin (2/5).

Mendikbud juga menyinggung beberapa kebijakan dan program. Di antaranya BOS untuk pendidikan dasar menengah, bantuan siswa miskin, dan Bidikmisi.

“Program-program tersebut merupakan sebagian dari upaya untuk meningkatkan akses secara inklusif dan berkeadilan. Alhamdulillah, kebijakan dan program tersebut telah menunjukkan hasil yang menggembirakan,” katanya.

Dia mengklaim, hasil itu ditandai antara lain dengan kenaikan Angka Partisipasi Kasar (apk) yang cukup tinggi dan lebih inklusif terutama pada tingkat SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan perguruan tinggi.

Dalam kesempatan itu, Mendiknas juga menyinggung penerapan kurikulum 2013 secara bertahap dan menyeluruh. Tahun ajaran 2014/2015 merupakan momentum untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas guru, kepala sekolah, dan pengawas.

Selain membacakan sambutan Mendiknas, Atty juga memberikan motivasi terutama kepada para siswa, agar terus berkarya dan berprestasi.

“Melalui momentum Hardiknas ini, semoga kita dapat mengimplementasikan pendidikan untuk peradaban yang unggul,” tandasnya.(inilahkoran.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.