Seluruh SD di Garut Siap Laksanakan Kurikulum 2013

oleh -6 views
Kepala Seksi Kurikulum TK/SD Dinas Pendidikan Garut Dadang Hidayat
Arrief Ramdhani
Kepala Seksi Kurikulum TK/SD Dinas Pendidikan Garut Dadang Hidayat
Kepala Seksi Kurikulum TK/SD Dinas Pendidikan Garut Dadang Hidayat

KEPALA Seksi  Kurikulum TK/SD Dinas Pendidikan Garut Dadang Hidayat mengatakan, penerapan Kurikulum 2013 merupakan momentum untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas guru, kepala sekolah, serta pengawas. Selain itu, melakukan penataan sistem perbukuan pelajaran juga disiapkan untuk mencetak generasi yang siap dalam menghadapi masa depan.

Adapun objek yang menjadi pembelajaran dalam penataan dan penyempurnaannya ditekankan kepada fenomena alam, sosial, seni, budaya dan kepribadian serta karakter siswa.

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Nantinya kata Dadang, diharapkan seluruh siswa-siswi memiliki kompetensi sikap, keterampilan, kreatif, inovatif, produktif dan pengetahuan jauh lebih baik sehingga mereka bisa sukses dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan dimasa yang akan datang.

Menurut dia, sebanyak 1.564 SD di 42 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Garut, TA (Tahun Ajaran) 2014-2015 secara serempak menggunakan Kurikulum 2013. Hanya saja, Kurikulum tersebut diberlakukan bagi kelas I, II, IV dan V.

Untuk murid kelas III dan VI diterapkan pada TA berikutnya. “Tahun depan seluruh Sekolah Dasar (Negeri dan Swasta) di Kabupaten Garut sudah menerapkan Kurikulum 2013,” terangnya.

Dadang optimis penerapan kurikulum 2013 akan berhasil. Barometernya dari 13 SD yang di uji cobakan hasilnya cukup memuaskan. Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Dinas Pendidikan Garut sebelumnya telah mengadakan program Pelatihan implementasi kurikulum dengan melibatkan sekitar 14.000 guru PNS,TKK dan Guru Bantu.

“Sebanyak 6.599 guru telah mengikuti pelatihan yang diselengarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kementrian Pendidikan Nasional. Tahun depan diharapkan seluruh guru tuntas mengikuti pelatihan Implementasi Kurikulum 2013,” pungkasnya.(fokusjabar.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.