Sekolah Wajib Tingkatkan Indeks untuk Lolos SNMPTN

oleh -15 views
Sosialisasi SNMPTN UPI
Arrief Ramdhani
Sosialisasi SNMPTN UPI
Sosialisasi SNMPTN UPI

TINGGINYA jumlah pelajar yang berhasil diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) merupakan sebuah kebanggaan bagi sekolah. Di sisi lain, keberhasilan ini bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk memilih sekolah tersebut.

Oleh karena itu, Pembantu Rektor I Universitas Jember (Unej) Zulfikar berbagi tips kepada rombongan kepala sekolah dan guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I agar semakin banyak siswa yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Dalam kesempatan tersebut, Zulfikar menyebutkan, pihak sekolah harus memperhatikan dua hal, indeks sekolah dan indeks siswa.

banner 728x90

“Penentuan apakah seseorang lolos dalam SNMPTN bergantung pada indeks sekolah dan indeks siswa. Porsi indeks sekolah sebesar 40 persen dan sisanya dari indeks siswa,” kata Zulfikar, seperti disitat dari situs Unej, Minggu (30/11/2014).

Zulfikar pun berharap agar sekolah membangun indeks sekolah dan indeks siswa secara bersama-sama sehingga para siswa mampu bersaing dalam ajang SNMPTN. Dia mencontohkan item indeks sekolah semisal akreditasi sekolah, jumlah siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri, prestasi siswa bersangkutan selama kuliah dan lainnya.

“Dalam SNMPTN yang dinilai tidak hanya prestasi siswa, namun juga prestasi sekolah. Oleh karena itu sayang jika ada siswa pintar, tapi tidak didukung dengan indeks sekolah sehingga gagal bersaing dalam SNMPTN. Sementara itu indeks siswa meliputi nilai rapor dan prestasi siswa di bidang akademis dan non akademis,” jelasnya.

Menurut Zulfikar, salah satu cara meningkatkan indeks sekolah adalah mendorong lulusan untuk masuk ke PTN tidak hanya melalui jalur SNMPTN saja. Tapi juga bisa melalui jalur lain semisal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan ujian mandiri atau ujian lokal pada masing-masing PTN.

“Manfaatkan SBMPTN dan ujian mandiri atau ujian lokal di tiap-tiap perguruan tinggi negeri, khususnya melalui ujian mandiri sebab persaingannya tidak terlalu ketat,” imbuh Zulfikar.

Sementara itu, Kepala Sekolah MAN 1 Jember Anwari menyatakan, kedatangannya bersama rombongan bertujuan untuk mengetahui lebih jelas mengenai prosedur SNMPTN dalam rangka meningkatkan jumlah lulusan yang diterima di PTN.

“Kami berusaha memfasilitasi siswa MAN 1 Jember yang berminat melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri. Apalagi SNMPTN mensyaratkan peran aktif sekolah selain tentunya menjalin hubungan baik dengan Universitas Jember,” ungkap Anwari.(news.okezone.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.