Sekolah Wajib Memupuk Kecintaan Terhadap Kesenian Tradisional

oleh -3 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

GENERASI muda terkesan kurang berminat terhadap Seni trasisional. Boleh jadi ini akibat derasnya seni dari luar yang masuk ke kehidupan berkesenian masyarakat Indonesia.

Guna mencegah hal tersebut diperlukan perhatian semua pihak agar generasi muda kita kembali mencintai dan melestarikan kebudayaan tradisional tersebut.

Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN)-1 Ciamis Agus Somantri, mengatakan kesenian tradisional harus mendapat perhatian semua pihak agar tetap dicintai terutama oleh generasi muda.

Agus mengakui generasi muda sekarang sudah mulai tidak peduli dengan kesenian ataupun kebudayaan tradisional. Untuk menyiasati agar generasi muda mencintainya tugas semua pihak  sehingga, generasi muda bisa kembali mencintainya.

“Di sekolah kami ini, para siswa diberi pilihan ekstra kulikuler tentang kesenian tradisional. Sehingga dengan begitu mereka bisa kembali mencintai kebudayaanya sendiri,” ungkapnya.

Maka itu, pada acara tertentu di sekolah lanjut Agus, pihaknya selalu menampilkan kreasi kesenian tradisional yang dipentaskan oleh para siswa. Seprti pada acara perpisahan kelas IX siswa- siswi mempertunjukan kebolehanya memperagakan tarian tradisional dengan penuh semangat dan menghayati semua gerakanya.

“Dengan begitu diharapkan mereka mencintai kesenian tradisional,” katanya.(fokus.jabar.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.